Ma'ruf Bicara Gelombang Ketiga Akibat Varian Baru Corona, Siapkah Indonesia?

Herianto Batubara - detikNews
Kamis, 23 Sep 2021 13:25 WIB
Wakil Presiden Maruf Amin di acara MUKISI
Wapres Ma'ruf Amin (Dok. Setwapres)

Kesiapan Indonesia Hadapi Gelombang Ketiga COVID-19

Wapres Ma'ruf Amin menuturkan bahwa Indonesia harus siap dalam menghadapi kemungkinan gelombang ketiga, mengingat beberapa negara di dunia telah mengalaminya. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia tengah menyiapkan segala fasilitas untuk melakukan penanganannya.

"Kita juga mempersiapkan kemungkinan-kemungkinan, yaitu penyiapan rumah sakit, kebutuhan oksigen, dan obat-obatan, untuk antisipasi karena dunia mengalami, dan kita harus siap," ujarnya.

Di samping antisipasi dengan upaya penanganan apabila terjadi lonjakan kasus, pemerintah kini mencegah masuknya varian baru ke Indonesia dengan melakukan pengetatan ketentuan, baik bagi masyarakat yang berpergian ke luar negeri maupun warga negara asing yang masuk ke Indonesia.

"Yang pertama kita siapkan, pintu masuk, (yaitu) darat, laut, maupun udara diperketat. Orang yang akan berpergian juga dilakukan pengawasan, baik karantinanya maupun pemeriksaan dan vaksinasinya," urai Ma'ruf.

Ditambah lagi, lanjut Ma'ruf, pemerintah mewajibkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi bagi warga yang berpergian.

"Karena sekarang sudah mulai dibuka pelonggaran-pelonggaran (peraturan untuk dapat melakukan perjalanan), sudah mulai diterapkan dalam aplikasi PeduliLindungi, supaya jangan sampai ada orang positif (COVID-19), tetapi dia tetap keluyuran kemana-mana dan menularkan," ujarnya.


(hri/tor)