Sosok Fatia Maulidiyanti KontraS yang Dipolisikan Luhut-Digugat Rp 100 M

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Kamis, 23 Sep 2021 11:15 WIB
Sosok Fatia Maulidiyanti KontraS yang Dipolisikan Luhut-Digugat Rp 100 M
Fatia Maulidiyanti KontraS yang Dipolisikan Luhut-Digugat Rp 100 M (Dok. Situs KontraS)
Jakarta -

Fatia Maulidiyanti KontraS dipolisikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan hingga digugat Rp 100 miliar lantaran dugaan pencemaran nama baik. Ini sosok Fatia Maulidiyanti.

Fatia Maulidiyanti adalah Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS). Dia sempat tampil di tayangan YouTube Haris Azhar yang berjudul 'Ada Lord Luhut di Balik Relasi Ekonomi-Ops Miliiter Intan Jaya'.

Tayangan YouTube ini yang kemudian dipersoalkan Luhut. Berawal dari somasi, Luhut akhirnya melaporkan Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti ke Polisi.

Berikut ini profil hingga rekam jejak Fatia Maulidiyanti KontraS:

Fatia Maulidiyanti Koordinator KontraS Periode 2020-2023

Dikutip dari situs KontraS, Fatia Maulidiyanti ditunjuk sebagai koordinator KontraS periode 2020-2023. Fatia Maulidiyanti resmi menjabat koordinator KontraS pada Rapat Umum Anggota Juni 2020. Jabatan itu menggantikan Yati Andriyani yang sebelumnya menjabat koordinator KontraS 2017-2020.

Sebelum menjadi koordinator KontraS, Fatia Maulidiyanti melewati beberapa tahap. Pertama melalui musyawarah internal, pengambilan suara dan pengambilan keputusan. Tahapan itu dilakukan bersama badan pekerja yang disahkan pada Rapat Umum Anggota. Di hadapan badan pekerja sekaligus dewan pengurus KontraS, Fatia Maulidiyanti menyanggupi jabatan yang diembannya.

Fatia Maulidiyanti Sempat Jadi Kepala Divisi Internasional KontraS

Sebelum menjadi koordinator KontraS, Fatia Maulidiyanti sempat menjabat kepala Divisi Advokasi Internasional. Dia mengadvokasi sejumlah agenda, di antaranya terkait kasus Munir, kebebasan sipil, isu ekonomi, sosial dan budaya, hingga isu hak asasi manusia lainnya.

Latar Belakang Pendidikan Fatia Maulidiyanti KontraS

Perjalanan karir Fatia Maulidiyanti dilatarbelakangi oleh pendidikannya di Universitas Parahyangan. Semasa kuliah, Fatia Maulidiyanti mengambil Jurusan Ilmu Hubungan Internasional. Pada 2014, Fatia Maulidiyanti pun sempat menjadi alumni Sekolah Hak Asasi Manusia (SeHAMA) KontraS. Setelah lulus dari SeHAMA, Fatia Maulidiyanti memulai karirnya di KontraS.

Langkah Luhut mempolisikan Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti KontraS hingga jawaban pihak keduanya dapat disimak di halaman berikutnya.

Saksikan video 'Luhut Vs Haris Azhar-Fatia Maulidiyanti':

[Gambas:Video 20detik]