29 September Ini Rabu Pon, Bakal Ada Reshuffle Kabinet?

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 23 Sep 2021 10:38 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidatonya dalam sidang umum ke-76 PBB. Jokowi menyampaikan sejumlah isu termasuk penanganan pandemi COVID-19 di seluruh negara.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempunyai hak prerogatif melakukan reshuffle kabinet (Foto: AP/United Nations).

Lalu, isu reshuffle kabinet ini tak terlepas dari hari Rabu juga. Jokowi memanggil para petinggi partai politik koalisi pengusungnya pada Rabu (25/8/2021). Yang menarik dari pertemuan tersebut adalah kehadiran Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Sekjen PAN Eddy Soeparno sebelum Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate mengenalkan PAN sebagai sahabat baru koalisi pada malam harinya.

Setelahnya, spekulasi dan isu PAN bakal mendapat jatah menteri kembali berembus kencang. JoMan yang melempar isu tersebut. Di tengah panasnya isu reshuffle, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti menyindir menteri Jokowi yang elitis. Sejumlah parpol koalisi Jokowi kemudian menunjuk hidung Mendikbud-Ristek Nadiem Makarim.

Lalu, akankah reshuffle benar-benar terjadi Rabu akhir bulan September 2021 ini? Informasi yang didapatkan, ada enam posisi di kabinet yang kabarnya akan terkena reshuffle. Dua di antara posisi tersebut adalah Kementerian Perhubungan serta Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Posisi ini dikaitkan dengan PAN.


(gbr/tor)