Hutama Karya Raih Penghargaan di Autodesk ASEAN Innovation 2021

Khoirul Anam - detikNews
Kamis, 23 Sep 2021 10:07 WIB
Hutama Karya
Foto: Hutama Karya
Jakarta -

PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) memperoleh penghargaan sebagai Innovator of the Year 2021 di ajang Autodesk ASEAN Innovation Awards 2021. Penghargaan diterima oleh Iwan Hermawan selaku Executive Vice President (EVP) Divisi Perencanaan Jalan Tol (RJT) Hutama Karya.

Iwan menyebut, Hutama Karya dinyatakan layak dalam penjurian terkait presentasi penerapan Light Detection and Ranging (LiDAR) yang terintegrasi teknologi Building Information Modelling (BIM) sebagai inovasi dalam proyek konstruksi Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Rengat-Pekanbaru.

Tak hanya memenangkan kategori Innovator of the Year 2021, Hutama Karya menjadi salah satu finalis dalam ajang tersebut pada kategori Alliance Award untuk proyek Pembangunan Gedung STAN.

Sementara itu, Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro mengatakan bahwa penghargaan ini merupakan prestasi serta wujud komitmen dalam penerapan teknologi terkini, khususnya untuk percepatan penyelesaian pembangunan JTTS.

"Saat ini Jalan Tol Trans Sumatera sudah terbangun 531 km dan nantinya total panjang 2.831 km. Ruas Rengat-Pekanbaru sendiri telah dimulai pada awal tahun 2021 dan direncanakan selesai pada tahun 2024 mendatang," ujar Koentjoro dalam keterangan tertulis, Kamis (23/9/2021).

Lebih lanjut ia menyampaikan, penyelesaian JTTS khususnya pada detailed engineering design harus diselesaikan selama enam bulan. Adapun kata dia, hal itu tidak tercapai bila menggunakan metode konvensional.

Oleh karena itu, lanjutnya, digitalisasi data merupakan salah satu metode untuk mempercepat proses ini, khususnya penggunaan Autodesk AEC dan BIM 360 yang membantu mengurangi pekerjaan, seperti pengerjaan model dan struktur 3D dengan lebih mudah.

Koentjoro mengapresiasi Hutama Karya yang merupakan satu satunya perusahaan Indonesia yang berhasil memperoleh penghargaan pada dua kategori penghargaan.

"Ini merupakan pengakuan internasional atas kinerja perusahaan dalam percepatan pembangunan JTTS. Diharapkan dengan diraihnya penghargaan Autodesk ASEAN Innovation Awards 2021 ini dapat terus memotivasi Hutama Karya untuk mengaplikasikan BIM di HK Group dan menjadi strategi bisnis Hutama Karya untuk lebih dikenal sebagai salah satu perusahaan konstruksi terbesar di Indonesia yang telah menerapkan Digital Construction dan secara khusus dapat memasuki pasar konstruksi internasional," tutup Koentjoro.

Sebagai informasi, Autodesk Innovation Awards merupakan kompetisi tahunan bagi orang-orang dan proyek yang berkontribusi dalam menggunakan inovasi teknologi, meliputi solusi BIM dan Autodesk AEC. Dimulai pada 2021, Autodesk Innovation Awards digelar sesuai dengan wilayah negaranya, salah satunya adalah ASEAN.

Peserta Autodesk ASEAN Innovation Awards 2021 merupakan perusahaan/badan usaha dan instansi akademik yang berlokasi di Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, Singapura, dan Vietnam dengan menggunakan software berlisensi resmi Autodesk dengan validitas lisensi berlaku sampai 1 Agustus 2021.

Ajang penghargaan disiarkan secara hybrid dengan siaran langsung dari Singapura pada Selasa (7/9) lalu. Adapun acara dihadiri oleh Managing Director Autodesk ASEAN Serena Sia, Senior Director Global Demand Generation Autodesk APAC Hari Chazhiottil, Technical Specialist Head Autodesk APAC John Stewart, AEC Industry Leader Autodesk ASEAN Matt Dewees, Senior Lecturer of Singapore Polytechnic ABE Chris Ho dan Juneita Ju'maat.

Simak juga 'Peresmian Virtual Tol Pekanbaru - Dumai oleh Presiden RI':

[Gambas:Video 20detik]



(ega/ega)