Asmaul Husna Al Akhir dan Artinya dalam Al Quran, Berikut Penjelasannya

Rosmha Widiyani - detikNews
Kamis, 23 Sep 2021 08:30 WIB
Holy Al-Quran with Allah name on it embraced with beads.
Foto: iStock/Asmaul Husna Al Akhir dan Artinya dalam Al Quran, Berikut Penjelasannya.
Jakarta -

Salah satu Asmaul Husna adalah Al Akhir yang artinya adalah Yang Maha Akhir. Asmaul Husna ini menunjukkan kekekalan Allah SWT saat makhluk lain yang fana menemui akhir.

"Dia Maha Kekal ketika semua makhluk hancur, Maha Kekal dengan kekekalanNya. Kekalnya Allah SWT berbeda dengan makhlukNya yang memiliki keterbatasan," tulis situs sumber belajar Jateng Pintar dilihat detikcom pada Rabu (22/9/2021).

Tiap makhluk Allah SWT diciptakan dengan ketentuan, kehendak, dan perintahNya. Tidak heran jika sifat makhluk berbeda dengan penciptanya, termasuk dalam hal kekekalan.

Ayat dalam Al Quran yang menjelaskan salah satu asmaul husna adalah Al Akhir adalah QS AL Hadid ayat 3,

هُوَ ٱلْأَوَّلُ وَٱلْءَاخِرُ وَٱلظَّٰهِرُ وَٱلْبَاطِنُ ۖ وَهُوَ بِكُلِّ شَىْءٍ عَلِيمٌ

Arab latin: Huwal-awwalu wal-ākhiru waẓ-ẓāhiru wal-bāṭin, wa huwa bikulli syai`in 'alīm Terjemah Arti: Dialah Yang Awal dan Yang Akhir Yang Zhahir dan Yang Bathin; dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu.

Artinya: "Dialah Yang Awal dan Yang Akhir Yang Zhahir dan Yang Bathin dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu."

Secara tabi'at dan zat pada seluruh makhluk ciptaan Allah SWT adalah fana (tidak kekal). Sifat kekal pada makhluk punya berbaga ketentuan yang wajib ditaati, berbeda dengan Allah SWT.

Perwujudan sikap para muslim terkait Al Akhir adalah menjadikan Allah Swt sebagai satu-satunya tujuan hidup. Seluruh permintaan dan kesusahan dalam hidup hanya ditujukan pada Allah SWT.

"Karena itu jadikanlah akhir kehidupan kita hanya kepadaNya. Karena sungguh akhir dari seluruh kehidupan kita adalah Rabb, seluruh jalan dan tujuan berujung pada haribaan Allah SWT," tulis Pintar Jateng.

Orang yang mengesakan Allah SWT selalu merasa membutuhkan Rabbnya, sehingga seluruh aksi dilakukan sesuai ketentuan Allah SWT. Hal ini dilakukan karena seorang muslim paham Allah SWT adalah pemilk kehendak, hati, dan niat yang terucap.

Gimana detikers, sudah paham arti Al Akhir salah satu Asmaul Husna? Semoga iman kamu makin meningkat setelah membaca tulisan ini ya.

(row/erd)