Stafsus Kemnaker Tinjau Kesiapan BLK Komunitas di Sorong

Yudistira Perdana Imandiar - detikNews
Rabu, 22 Sep 2021 19:45 WIB
PKB
Foto: PKB
Jakarta -

Staf Khusus Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Titik Mas'udah berkunjung ke Yayasan Pergerakan Pasukan Hijau di Kota Sorong, Papua Barat. Titik mengecek kesiapan yayasan yang menjadi salah satu penerima bantuan untuk membangun Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas secara swadaya tersebut.

"Kunjungan ini dilakukan untuk memastikan bahwa kesiapan yayasan penerima bantuan telah penuhi syarat sesuai dengan petunjuk teknis (juknis) yang ada. Secara admnistratif dan ketersediaan lahan telah sesuai, agar nantinya akan segera dibangun Gedung BLK Komunitas secara swadaya dengan menggunakan Anggaran Tahun 2021," jelas Titik dalam keterangan tertulis, Rabu (22/9/2021).

Titik menambahkan pembangunan BLK Komunitas telah dilaksanakan Kemnaker hampir di semua Wilayah Indonesia. Sejak tahun 2017 sampai sekarang, telah terbangun sekitar 2113 BLK komunitas.

"Diharapkan dengan adanya program ini mampu menjawab percepatan peningkatan kompetensi SDM Indonesia, lebih massif merata dan mendokrak angkatan kerja yang terampil unggul, berkualitas dan berdaya saing," ulas Titik.

"Termaksud saya hadir di tanah Papua ini untuk memastikan BLK Komunitas di tanah Papua terbangun. ini langkah konkrit pemerintahan Presiden Jokowi yang menginginkan bahwa seluruh pekerja Indonesia betul-betul terfasilitasi secara baik. Diharapkan, nantinya alumni BLK Komunitas siap bersaing di pasar kerja," imbuhnya.

Dalam kunjungannya tersebut, Titik dan rombongan disambut Ketua Komisi 1 DPRD Papua Barat Abdulah Gazam, tokoh adat Sorong Matius Fakdawer, tokoh Suku Biak Nimrot Yapen, tokoh masyarakat Permenas Fakdawer, tokoh agama Pendeta Albert Yapen dan Moses Wakman, juga hadir tokoh pemuda Kelurahan Tanjung Kasuari Elpinus Mayor, tokoh masyarakat dan Ketua RT III Yosua Yapen. Penyambutan diiringi tarian khas Budaya Kota Sorong.

"Kami mewakili Warga Kota Sorong khususnya dan Papua Barat berterima kasih kepada Presiden Jokowi dan Menaker Ida Fauziyah atas kepeduliannya kepada kami orang asli Papua, harapan kami BLK Komunitas ini nantinya akan digunakan sebaik-baiknya dan bawa manfaat bagi angkatan muda usia kerja yang ada di sini," ungkap Abdulah.

(akn/ega)