PPKM di Aglomerasi Jabodetabek Belum Bisa Turun ke Level 2, Ini Penyebabnya

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Rabu, 22 Sep 2021 18:15 WIB
Juru bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk vaksinasi COVID-19, dr Siti Nadia Tarmizi (YouTube Sekretariat Presiden)
Juru bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk vaksinasi COVID-19, dr Siti Nadia Tarmizi (YouTube Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menjelaskan cakupan vaksinasi kini menjadi salah satu syarat dalam menentukan level PPKM di suatu daerah, termasuk wilayah aglomerasi. Kemenkes menjelaskan level PPKM wilayah aglomerasi Jabodetabek belum bisa turun ke level 2 karena masih ada daerah yang cakupan vaksinasinya belum mencapai target.

"Kita mengetahui sejak minggu lalu penentuan level PPKM ditambahkan dengan elemen cakupan vaksinasi dosis pertama dan vaksinasi dosis pertama untuk lansia," kata Jubir Vaksinasi Kemenkes Siti Nadia Tarmizi dalam siaran YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (22/9/2021).

"Syarat penurunan level 3 ke level 2 harus didukung dengan cakupan vaksinasi dosis pertama minimal total 50 persen dan vaksinasi dosis pertama untuk lansia minimal 40 persen," lanjutnya.

Siti Nadia juga menjelaskan syarat agar PPKM di suatu daerah bisa turun dari level 2 ke level 1. Salah satu syaratnya adalah cakupan vaksinasi dosis pertama harus mencapai 70 persen.

"Sementara itu, untuk syarat penurunan level 2 menjadi level 1 harus didukung dengan cakupan vaksinasi dosis pertama total 70 persen dan total cakupan vaksinasi dosis pertama bagi lansia pada angka 60 persen," jelasnya.

Penentuan PPKM di wilayah aglomerasi akan mengikuti cakupan vaksinasi terendah di wilayah itu. Siti Nadia kemudian mencontohkan Jabodetabek belum bisa menerapkan PPKM level 2 karena cakupan vaksinasi dosis pertama di Kabupaten Bogor, Tangerang, hingga Kabupaten Bekasi, belum mencapai 50 persen.

"Penilaian cakupan vaksinasi pada wilayah aglomerasi akan mengikuti kabupaten/kota dengan capaian vaksinasi terendah. Seperti contoh, dikarenakan cakupan vaksinasi di Kabupaten Bogor, Tangerang, Kota Depok, dan Kabupaten Bekasi, belum mencapai angka 50 persen, maka keseluruhan Jabodetabek belum bisa turun ke PPKM level 2," paparnya.

Tonton juga Video: Menhub Minta KAI dan KCI Gencarkan Vaksinasi di Daerah Aglomerasi

[Gambas:Video 20detik]



(lir/zak)