BMKG Ungkap Hujan Es-Puting Beliung di Depok Berpotensi Terjadi Lagi

Arief Ikhsanudin - detikNews
Rabu, 22 Sep 2021 08:34 WIB
Pohon tumbang di Jl Margonda, Depok timpa mobil, Selasa (21/9/2021).
Foto: Pohon tumbang di Jl Margonda, Depok timpa mobil (dok.Damkar Depok)
Jakarta -

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut hujan dengan angin kencang, serta hujan es berpotensi kembali terjadi di Kota Depok. Untuk itu, BMKG meminta warga Depok waspada.

"Fenomena tersebut, termasuk kondisi ekstrem yang biasanya berlangsung dalam durasi relatif singkat," kata Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Bogor, Indra Gustari, saat dihubungi, Rabu (22/9/2021).

"Masih (ada potensi), kami mengharapkan masyarakat agar tetap waspada sampai awal Oktober, yaitu periode transisi ke musim hujan dan awal musim hujan," katanya.

Penampakan butiran es saat hjan guyur DepokPenampakan butiran es saat hjan guyur Depok Foto: Penampakan butiran es saat hjan guyur Depok (dok.istimewa)

Indra tak hanya meminta Kota Depok untuk waspada. Tapi kota-kota lain pun memiliki potensi yang sama soal puting beliung dan hujan es.

"Untuk Jawa Barat selain Bogor dan Depok, daerah di bagian tengah dan selatan seperti Bandung, Sukabumi, Ciamis, Garut dan Tasikmalaya juga perlu meningkatkan kewaspadaan pada periode tersebut," katanya.

Indra menjelaskan soal angin puting beliung dan hujan es yang terjadi di Depok. Menurutnya, kondisi itu sering terjadi menjelang perubahan musim.

"Hujan es dan puting beliung lebih sering terjadi menjelang dan awal musim hujan. Saat radiasi matahari kuat sampai permukaan bumi dan uap air di atmosfer juga sudah mulai tinggi," kata Indra.

Menurut Indra, fenomena itu terjadi pada waktu-waktu tertentu. Khususnya pada siang atau sore.

"Kedua fenomena tersebut umumnya terjadi pada siang atau sore hari yang diawali dengan berkembangnya awan konvektif yang kuat," katanya.

Seperti diketahui kawasan Depok dilanda hujan angin hingga hujan es di daerah Beji, Kota Depok kemarin (21/9) sore.

Akibat hujan angin di Depok, pohon tumbang pun tak bisa dielakkan. Berdasarkan data Pemadam Kebakaran (Damkar), setidaknya ada enam lokasi pohon tumbang di Depok.

Simak video 'Sebagian Besar Daerah di Indonesia Berpotensi Hujan Lebat':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/gbr)