Surat ke Kapolri Viral, Jenderal TNI dan Penyidik Polisi Diperiksa Internal

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 22 Sep 2021 06:06 WIB
Irdam XIII/Merdeka, Brigjen Junior Tumilaar (Situs Kodam XIII/Merdeka)
Foto: Irdam XIII/Merdeka, Brigjen Junior Tumilaar (Situs Kodam XIII/Merdeka)
Jakarta -

TNI Angkatan Darat (AD) dan Polri akan memeriksa secara internal soal surat dari Inspektur Kodam (Irdam) XIII/Merdeka Brigjen Junior Tumilaar kepada Kapolri. Surat tersebut meminta agar Polres Manado tidak memeriksa Babinsa yang mendampingi Ari Tahiru (67), yang sedang berkasus soal lahan.

Pemeriksaan terhadap Brigjen Junior akan dilakukan oleh Pusat Polisi Militer TNI AD. Puspomad menduga, ada pernyataan Junior yang tidak sesuai fakta.

"Terkait viralnya surat terbuka dengan tulisan tangan yang ditujukan kepada Kapolri, serta beredarnya rekaman video pernyataan yang dibuat oleh Brigjen TNI Junior Tumilaar di media sosial, Komandan Pusat Polisi Militer Angkatan Darat (Danpuspomad) akan melakukan pemeriksaan terhadap Irdam XIII/Merdeka tersebut," ujar Danpuspomad, Letjen TNI Chandra W Sukotjo, dalam keterangan tertulis, Selasa (21/9/2021).

Pemeriksaan terhadap Brigjen TNI Junior Tumilaar akan dilakukan di Markas Puspomad, Jakarta. "Terkait adanya dugaan bahwa hal-hal yang disampaikan mengandung berita yang tidak sesuai dengan fakta yang ada," tutur Chandra.

Kemudina, Polda Sulawesi Utara (Sulut) mengungkap undangan klarifikasi dari Polresta Manado terhadap Babinsa Winangun tak terealisasi hingga saat ini karena dianggap tak melalui jalur koordinasi lintas institusi. Penyidik yang memberi undangan klarifikasi tersebut kini diproses Propam Polda Sulut.
"Sedang dilakukan proses internal oleh Kabid Propam Polda Sulut," ungkap Kabid Humas Polda Sulut Kombes Jules Abraham Abast dalam keterangannya kepada detikcom pada Selasa (21/9/2021).

Selebihnya, Jules mengatakan bila polemik undangan klarifikasi ke Babinsa Winangun Atas tersebut telah selesai. Dia juga menegaskan koordinasi antara Polda Sulut dan Kodam XIII/Merdeka tetap solid.

"Komunikasi, kerja sama, dan kolaborasi TNI-Polri di Sulut sangat solid dan sinergis. Dapat terlihat dari situasi dan kondisi keamanan dan ketertiban di Sulut sangat kondusif, termasuk penanggulangan COVID-19 di Sulut berjalan sangat efektif, dan TNI-Polri serta Pemerintah daerah tetap sinergis," katanya.

Simak juga 'Kapolri Minta Polisi Humanis Sikapi Warga Beraspirasi saat Kunker Jokowi':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/aik)