11 Rumah di Perumahan Padat Makassar Terbakar

Reinhard Soplantila - detikNews
Rabu, 22 Sep 2021 03:51 WIB
Makassar -

Sebelas unit rumah di Jalan Veteran Lorong 41, kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Kebakaran cepat membesar dan menjalar ke rumah warga lainnya, lantaran rumah yang rata-rata terbuat dari bahan semi permanen.

Kejadian itu terjadi pada Selasa (21/9) malam. Sebanyak 21 kepala keluarga kehilangan tempat tinggal. Sementara itu, kebakaran tersebut diduga akibat korsleting arus pendek listrik.

"Untuk penyebab belum kita ketahui, dari informasi yang didata itu arus pendek. Ada 11 rumah (terbakar), 21 KK (menjadi korban)," ujar Petugas Damkar Makassar, Jufri Ramli, pada Rabu (22/9/2021).

Setelah kurang lebih satu jam dengan menerjunkan 21 unit mobil damkar dan puluhan personil damkar, kobaran api di lokasi dapat dipadamkan. Namun, dalam proses pemadaman itu petugas sempat mengalami kesulitan lantaran akses jalanan yang sempit menuju ke titik api.

"Terus terang kesulitan kita dari akses jalan masuk jadi kita full tim dari mako armada menurunkan 21 unit, tapi terkendala akses jalan jadi makanya kami bagi dua posisi satu di armada besar samping kantor dan yang armada kecil di samping kanal sini di depan TKP," jelas Jufri.

Dalam proses pemadaman juga, petugas mendapat banyak bantuan dari warga sekitar yang membantu proses pengendalian api. Warga di sekitar TKP diketahui berupaya memadamkan api dengan alat seadanya, yaitu dengan menyiramkan air dari kanal dan menggunakan bambu guna merubuhkan bangunan yang mudah terbakar.

"Kami terima kasih ke warga karena membantu pemadam kebakaran dan tidak menyulitkan kita," tutur Jufri

(aik/aik)