Kebakaran Swalayan di Cilandak Belum Padam, Api Sempat Merambat Permukiman

Nahda Rizki Utami - detikNews
Rabu, 22 Sep 2021 00:29 WIB
Jakarta -

Kebakaran toko swalayan Cahaya, Jalan Cilandak KKO, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan terjadi pada Selasa, (21/9/2021) malam. 25 unit mobil pemadam kebakaran dan satu unit bronto diarahkan ke lokasi kebakaran.

Pantauan detikcom di lokasi kebakaran, Senin, (21/9/2021), pukul 10.35 WIB satu unit bronto skylift F104HLA datang ke lokasi kebakaran. Petugas langsung mengarahkan bronto untuk memadamkan api bagian atas gedung swalayan.

Terdapat tiga petugas yang menaiki dan mengarahkan air ke titik api yang masih menyala di bagian atas gedung. Petugas lainnya juga terlihat mengarahkan dan mengontrol tekanan air yang keluar.

Sampai pukul 11.30 WIB, api masih belum padam. Gedung swalayan Cahaya ludes dilahap si jago merah. Warga setempat juga masih ada yang melihat kegiatan pemadaman api di sekitar area gedung.

Proses pemadaman api kebakaran di toko swalayan Jl Cilandak KKO,.Proses pemadaman api kebakaran di toko swalayan Jl Cilandak KKO,. Foto: Nahda Rizki Utami/detikcom

Api Sempat Menjalar ke Rumah Warga

Tidak hanya menghabiskan gedung swalayan, api juga sempat menjalar ke rumah warga. Hal tersebut dijelaskan oleh Pia, salah satu warga yang mengatakan api menjalar ke salah satu kos-kosan yang terletak di lantai dua.

"Ada sih (rumah warga yang terkena kebakaran). Di atas. kos kosan. Atasnya aja sih," kata Pia, Selasa, (21/9/2021).

"iya (api menjalar ke lantai dua kos-kosan)," sambungnya.

Pia sendiri bercerita ketika kebakaran terjadi, ia langsung mengamankan keluarga dan surat-surat penting. Saat itu, ia juga langsung mengungsi ke masjid sampai suasana cukup aman.

"Saya tadi kebetulan lagi ngaji. Pas azan isya ada warga teriak teriak 'Cahaya kebakaran, kebakaran,' langsung pengajian bubar langsung pulang, langsung selametin surat-surat, pada panik, anak-anak dicari, dipanggil panggil. Situasi api, asep lagi hitam banget. Kita panik banget warga. Wara wiri pada nyari anaklah, apalah. Haduh bingung deh. 'Ini surat ditaro dimana? masa dibopong bopong. berat nih. yauda akhirnya kita ngungsi di masjid," ujar Pia.

"Sudah pulang. Aman alhamdulillah, tapi listrik masih padam," sambungnya.

Belum diketahui penyebab kebakaran toko swalayan Cahaya. Malam ini, petugas masih fokus pada pemadaman gedung.

"Dugaan masih kita belum tau nih dugaan sementaranya seperti apa yang penting kita fokus pemadaman dulu," ujar

Kepala Dinas Damkar DKI Jakarta, Satriadi Gunawan, M.Si, Selasa, (21/9/2021).

"Semuanya ada 25 unit pengerahannya sekitar 120 Personel," sambungnya.

(aik/aik)