Distrik Kiwirok, Lokasi Tumpahnya Darah Nakes-TNI Gegara KKB Berulah

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 21 Sep 2021 16:40 WIB
Ketegangan di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, belum reda. KKB terus berulah hingga nakes-prajurit TNI gugur (Screenshot Google Maps)
Ketegangan di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, belum reda. KKB terus berulah hingga nakes-prajurit TNI gugur (Screenshot Google Maps)

Tentang Pegunungan Bintang

Kabupaten Pegunungan Bintang terdiri atas 34 distrik dengan total luas wilayah 15.863 kilometer persegi memiliki enam pos polisi, yang terdiri dari tiga polsek dan tiga polsubsektor. Jumlah pos polisi dengan luas wilayah di Pegunungan Bintang dirasa masih belum sebanding.

"Dapat kami sampaikan kepada masyarakat di luar Papua bahwa jarak TKP dengan pusat Kabupaten Pegunungan Bintang sangat jauh dan jarak Kabupaten Pegunungan Bintang dengan Kota Jayapura dapat ditempuh dengan menggunakan pesawat udara selama kurang-lebih satu jam," ungkap Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal, Selasa (14/9).

Distrik Kiwirok merupakan salah satu distrik di Kabupaten Pegunungan Bintang yang berbatasan dengan Papua Nugini (PNG).

KKB diduga bakar sejumlah fasilitas umum di Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang (ANTARA/HO-pihak ketiga)Aksi penyerangan, perusakan, dan pembakaran oleh KKB di Kabupaten Pegunungan Bintang terjadi pada Senin-Selasa (13-4/9) (ANTARA/HO-pihak ketiga)

Aparat mengimbau kepada semua pihak untuk bersama-sama menjaga situasi keamanan agar pelaksanaan PON dapat berjalan dengan aman dan sukses.

Baku Tembak Kembali Terjadi

Di awal pekan ini, KKB kembali menebarkan teror. Mereka terus menyerang aparat TNI-Polri yang tengah fokus pada upaya evakuasi warga di Kiwirok.

Pada Senin (20/9), baku tembak terjadi pukul 09.42 WIT di ibu kota Distrik Kiwirok. Peristiwa itu tepatnya terjadi di Kampung Sopamikma dan Kampung Oknanggul.

"Kontak tembak terjadi saat KKB pimpinan Lamek Alipki Taplo menembaki aparat gabungan TNI/Polri dari arah Kampung Sopamikma dan Kampung Oknanggul, sehingga personel membalas tembakan dan terjadi kontak tembak," ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal di Jayapura.

Kamal mengatakan saat itu aparat gabungan TNI-Polri sedang melakukan penjagaan di Distrik Kiwirok. Aparat terus bersiaga pascapembakaran dan penyerangan terhadap tenaga kesehatan pada pekan lalu.

Simak situasi terkini di Distrik Kiwirok pada halaman selanjutnya.