Syarat Nonton Bioskop PPKM hingga 4 Oktober, Cek di Sini Yuk!

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 21 Sep 2021 15:04 WIB
Syarat Nonton Bioskop PPKM hingga 4 Oktober, Cek di Sini
Syarat Nonton Bioskop PPKM hingga 4 Oktober, Cek di Sini (Agung Mardika/detikcom)
Jakarta -

Syarat nonton bioskop mengalami penyesuaian setelah pemerintah memperpanjang kembali PPKM. PPKM berlaku selama dua minggu, mulai 21 September hingga 4 Oktober 2021, meski begitu evaluasi PPKM Jawa Bali akan dilakukan setiap pekan.

"Dalam arahan yang diberikan Presiden dalam ratas hari ini diputuskan bahwa dengan melihat perkembangan yang ada maka perubahan PPKM level diberlakukan selama 2 minggu untuk Jawa-Bali namun evaluasi tetap dilakukan setiap minggunya untuk mengantisipasi perubahan-perubahan yang terjadi begitu cepat," ujar Luhut.

Untuk dapat menonton bioskop, masyarakat harus melengkapi sejumlah persyaratan. detikcom merangkumkan informasinya berikut ini.

Syarat Nonton Bioskop: Wajib Pakai PeduliLindungi

Sebagaimana berbagai kegiatan masyarakat lainnya di masa PPKM, syarat nonton bioskop juga mewajibkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi. Hanya masyarakat yang telah divaksin COVID-19 yang diperbolehkan.

Sementara itu, Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan, mengatakan pembukaan bioskop diperbolehkan dengan kapasitas maksimal 50%. Aturan itu berlaku untuk kota/kabupaten dengan penerapan PPKM level 3 dan level 2.

"Namun dengan kewajiban dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi serta penerapan protokol kesehatan yang ketat," kata Luhut dalam konferensi pers, Senin (20/9/2021).

Syarat Nonton Bioskop: Kategori Hijau-Kuning Boleh

Kategori masyarakat yang dapat menonton bioskop juga dilonggarkan. Sebelum masa PPKM terbaru, hanya kategori hijau yang dapat masuk. Kini kategori kuning dalam aplikasi PeduliLindungi juga diperbolehkan.

"Kategori kuning dan hijau dapat masuki area bioskop, yang tadinya hanya hijau saja sekarang kita bisa masuk dengan kuning," ucap Luhut.

Adapun dalam aplikasi PeduliLindungi, ada 4 warna yang muncul saat memindai QR code di bioskop, yaitu:

  1. Warna hitam pada aplikasi PeduliLindungi: pengguna terkonfirmasi positif COVID-19 atau memiliki riwayat kontak erat dengan pasien COVID-19. Kriteria ini dilakukan evaluasi agar tidak melakukan aktivitas dalam meningkatkan terjadinya kasus. Pengunjung yang memiliki status warna ini tidak diperbolehkan masuk ke tempat umum.
  2. Warna merah pada aplikasi PeduliLindungi: pengunjung belum divaksinasi COVID-19 atau bisa juga pengunjung dalam kondisi terpapar atau kontak erat dengan pasien COVID-19. Pengunjung yang memiliki status warna ini tidak diperbolehkan masuk ke tempat umum.
  3. Warna kuning/oranye pada aplikasi PeduliLindungi: pengunjung sudah divaksinasi dosis pertama. Pengunjung diperbolehkan masuk setelah petugas melakukan verifikasi lebih lanjut. Pengunjung yang memiliki warna barcode ini wajib menerapkan protokol kesehatan sangat ketat.
  4. Warna hijau pada aplikasi PeduliLindungi: pengunjung sudah divaksinasi lengkap dan memiliki status aman. Warna hijau diperbolehkan masuk tempat umum.

Lihat juga video 'Kemenparekraf Godok Skema Pembangkit Geliat Bioskop':

[Gambas:Video 20detik]



Syarat nonton bioskop lainnya bisa dicek di halaman selanjutnya.