Polda Sulut-Kodam Merdeka Akan Jelaskan Viral Surat Irdam untuk Kapolri

Hermawan Mappiwali - detikNews
Selasa, 21 Sep 2021 12:47 WIB
Kapolda Sulawesi Utara Irjen Nana Sudjana (Adhyasta Dirgantara/detikcom)
Kapolda Sulawesi Utara Irjen Nana Sudjana (Dok. detikcom)
Manado -

Surat tulisan tangan Inspektur Kodam (Irdam) XIII/Merdeka Brigjen Junior Tumilaar kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo viral di media sosial (medsos). Dia meminta Babinsa tidak perlu diperiksa di Polresta Manado.

Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Nana Sudjana akan menjelaskan terkait polemik tersebut bersama Kodam XIII/Merdeka.

"Ini kita mau memberi penjelasan, makanya nanti tunggu rilis, rencana mungkin gabungan (dengan Kodam XIII/Merdeka)," ujar Irjen Nana kepada detikcom, Selasa (21/9/2021).

Nana enggan mengomentari lebih lanjut terkait surat terbuka Brigjen Junior tersebut. Dia hanya menegaskan pihaknya bersama Kodam XIII/Merdeka solid.

"Jadi selama ini di sini kita solid banget sama Pangdam, tapi nanti gini saja, kita rilis saja dulu," katanya.

Surat tulis tangan Brigjen Junior itu dengan tembusan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa, dan Panglima Kodam Merdeka Mayjen TNI Wanti Waranei Franky Mamahit, pengacara Ari Tahiru, serta anggota Komisi III DPR RI F-NasDem Hillary Brigitta Lasut.

Di dalam suratnya, Brigjen Junior mengatakan Babinsa sebagai bagian dari sistem pertahanan negara di darat. Dia mengatakan para Babinsa diajari untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya.

Dia mengungkapkan, bahwa Babinsa hanya berpihak kepada rakyat, Ari Tahiru (67) yang sedang berhadapan dengan masalah konflik lahan di Sulawesi Utara (Sulut).

Kemudian, dia mengatakan Ari Tahiru sudah ditahan sekitar 15 hari karena masalah sengketa tanah dengan perusahaan pengelola perumahan. Ari lalu meminta pertolongan kepada Babinsa.

Dia mengatakan Babinsa lalu dipanggil ke Polresta Manado. Dia juga menyoroti soal Brimob Polda Sulut yang mendatangi Babinsa saat bertugas di tanah Edwin Lomban. Brimob itu juga disebutnya dipanggil ke Polresta Manado.

Tonton tayangan e-Life dengan tema Penyimpangan Seks Anal di bawah ini:

[Gambas:Video 20detik]



(nvl/jbr)