Ini 5 Syarat Damai dari Pelapor di Kasus Dinar Candy Protes Berbikini

Karin Nur Secha - detikNews
Selasa, 21 Sep 2021 11:46 WIB
Jakarta -

Dinar Candy dan pelapornya, PB SEMMI, akhirnya berdamai terkait kasus protes PPKM dengan berbikini di pinggir jalan. Keduanya berdamai setelah menandatangani sejumlah kesepakatan.

"Saya memutuskan berdamai dengan Dinar Candy dengan beberapa syarat. Syarat tersebut harus dilaksanakan oleh Dinar," kata Direktur LBH PB Semmi Gurun Arisastra saat dihubungi wartawan, Selasa (21/9/2021).

Gurun mengatakan Dinar Candy berkali-kali menemuinya. Menurut Gurun, Dinar Candy menghadap meminta maaf kepadanya dan memohon untuk damai.

"Dinar menghadap saya lebih dari satu kali, berkali-kali dia menghadap saya, ada lima kali dia menghadap saya dan meminta maaf kepada saya dan organisasi, menghadap saya bersama keluarganya. Saya pikir ini pun menjadi pertimbangan karena Dinar telah beriktikad baik," papar Gurun.

Kesepakatan damai itu ditandatangani Ai Dinar Miswari alias Dinar Candy (pihak pertama) dengan Bintang Wahyu Saputra dan Gurun Arisastra dari pihak pelapor (pihak kedua). Kesepakatan damai itu ditandatangani kedua pihak pada Minggu (19/7).

5 Poin Syarat Perdamaian

Kesepakatan damai itu dibuat setelah Dinar Candy menyepakati lima poin syarat yang diajukan PB SEMMI. Berikut kelima syarat itu:

1. Saya mengakui apa yang saya lakukan merupakan perbuatan yang salah dan tidak sesuai dengan norma sosial dan budaya Indonesia yang luhur. Saya berjanji tidak akan mengulangi perbuatan yang sama untuk menjaga moral dan norma bagi generasi muda Indonesia.

2. Saya bersumpah akan selalu menjaga, mensosialisasikan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dan tetap setia terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

3. Saya berjanji akan selalu menjunjung tinggi menghargai dan menghormati nilai-nilai agama, sosial dan budaya di setiap daerah Indonesia. Saya mendukung dan siap membantu segala upaya pemerintah dalam penanganan pandemi Covid19 bersama PB SEMMI.

4. Dalam penyelesaian perkara ini dengan Pengurus Besar Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (SEMMI) saya tidak mengeluarkan biaya satu rupiah pun. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada PB SEMMI yang telah memberi pelajaran kepada saya akan pentingnya menjaga nilai agama dan norma sosial di Indonesia yang bisa berdampak terhadap prilaku generasi muda ke depan.

5. Sebagai wujud penyesalan saya dan menebus kesalahan saya terhadap masyarakat Indonesia, saya dan PB SEMMI akan membuat bakti sosial dalam upaya membantu masyarakat dan pemerintah dalam penanganan pandemi covid19 sebanyak 5 (lima) kali.

Baca di halaman selanjutnya, Dinar Candy berstatus tersangka