Komisi III DPR Pilih 7 Calon Hakim Agung, Termasuk 2 Penghukum Ahok

Matius Alfons - detikNews
Selasa, 21 Sep 2021 10:57 WIB
Komisi III DPR tetapkan 7 orang jadi calon hakim agung
Komisi III DPR menetapkan 7 orang jadi calon hakim agung (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Komisi III DPR RI telah memilih tujuh orang sebagai calon hakim agung setelah menjalani uji kepatutan dan kelayakan untuk dibawa ke rapat paripurna. Dua di antara tujuh calon hakim agung yang terpilih merupakan hakim penghukum mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, yaitu Dwiarso Budi Santiarto dan Jupriyadi.

Terpilihnya ketujuh calon hakim agung tersebut telah melalui rapat tingkat I atau rapat pleno anggota Komisi III DPR. Ketua Komisi III DPR Herman Hery mengatakan proses pemilihan calon hakim agung tersebut dilakukan secara profesional dan transparan.

"Seperti bisa kita pantau bersama, Komisi III telah melaksanakan proses fit and proper test secara transparan dan bisa disaksikan oleh seluruh rakyat Indonesia," kata Herman di gedung DPR, Jakarta, Selasa (21/9/2021).

Herman menyampaikan ketujuh calon hakim agung itu dipilih berdasarkan kesepakatan dari seluruh fraksi yang ada di Komisi III. Menurutnya, setiap fraksi memiliki hak yang sama dalam menyetujui atau menolak calon hakim agung.

"Tentunya setiap fraksi memiliki penilaian sendiri dalam menilai setiap calon. Tetapi kami telah sepakat dalam proses ini kami berfokus pada tiga aspek, yaitu pemahaman calon terhadap tugas dan fungsi sebagai hakim agung, integritas calon, dan rekam jejak," terangnya.

Simak selengkapnya ketujuh orang yang terpilih sebagai calon hakim agung.