Karyawan Holding BUMN Tambang Beri Donasi ke Veteran dan Anak-anak

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Selasa, 21 Sep 2021 10:51 WIB
Buku belajar
Foto: dok. MIND ID
Jakarta -

BUMN Holding Industri Pertambangan, Mining Industry Indonesia (MIND ID) menggelar program employee volunteering Senyawa dengan melakukan penjualan t-shirt kemerdekaan dan pengumpulan buku-buku. Adapun hasil penjualan kaos didonasikan kepada penerima manfaat, sementara buku yang terkempul didistribusikan kepada anak-anak di sekitar wilayah operasi.

"Program employee volunteering merupakan salah satu implementasi gerakan budaya (Culture movement) di Grup MIND ID yang merepresentasikan Noble Purpose dalam keseharian pegawai Grup MIND ID," ujar CEO Grup MIND ID, Orias Petrus Moedak dalam keterangan tertulis, Selasa (21/9/2021).

Orias menilai program Senyawa berupa penjualan kaos kemerdekaan cukup unik. Pasalnya jumlah pembelian kaos secara sukarela oleh karyawan Grup MIND ID akan digandakan. Tercatat ada 1.087 kaos yang telah dibeli. Dari jumlah tersebut MIND ID menggandakan nilai pembelian sehingga total dana terkumpul menjadi Rp 746 juta. Nilai tersebut kemudian dikonversi menjadi 1.493 paket donasi yang disalurkan kepada Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) di sekitar wilayah operasional Grup MIND ID.

Sedangkan program kedua yakni pengumpulan buku bernama 1 Buku 1 Kebaikan, karyawan Grup MIND ID mendonasikan buku-buku baik buku cerita bergambar, kamus bergambar, keterampilan, dasar calistung, biografi, ensiklopedia, wirausaha, fiksi/novel, maupun buku motivasi.

Tidak hanya sekadar donasi, menurutnya karyawan juga ikut memberikan pesan-pesan kebaikan dan motivasi di setiap satu buku yang didonasikan, sehingga diharapkan lebih menginspirasi ratusan anak di sekitar taman baca di sekitar wilayah operasional. Diungkapkannya terkumpul sebanyak 4.160 yang kemudian dibagikan kepada 22 taman baca.

"Buku-buku yang didonasikan diharapkan dapat meningkatkan inspirasi dan pengetahuan kepada anak-anak di masa depan," katanya.

Menurut Orias, transformasi budaya yang juga dilakukan MIND ID merupakan salah satu bentuk upaya saling gotong royong untuk menghadapi pandemi COVID-19.

"Langkah yang dilakukan Insan Grup MIND ID merupakan wujud kebersamaan dan kepedulian untuk keadaan bangsa saat ini," tandasnya.

(prf/ega)