Diserang Saat Ceramah di Masjid, Ustaz di Batam Tak Alami Luka

Raja Adil Siregar - detikNews
Selasa, 21 Sep 2021 10:50 WIB
Batam -

Polisi terus mendalami motif H, pelaku yang menyerang Ustaz Abu Syahid Chaniago di Masjid Baitusyakur Batam, Kepulauan Riau. Polisi memastikan Ustaz Chaniago baik-baik saja.

"Pelaku masih dalam proses pemeriksaan. Kondisi Ustaz sehat, baik-baik saja. Tidak ada luka," terang Kabid Humas Polda Kepri Kombes Goldenhardt, Selasa (21/9/2021).

Golden menyebut Ustaz Chaniago dipukul dengan tangan kosong. Saat itu Ustaz Chaniago sedang berceramah di acara pengajian.

"Diserang dengan tangan kosong. Aksi itu tiba-tiba. Terjadi saat Ustaz Abu Chaniago memberikan ceramah sekitar pukul 11.15 WIB," jelasnya.

Terkait kabar adanya gangguan kejiwaan, Golden memastikan masih menunggu hasil pemeriksaan. Sebab, pelaku sengaja datang dari rumah di Batu Ampar untuk memukul sang ustaz.

"Soal itu (gangguan jiwa) masih diperiksa. Tim masih bekerja mendalami motif dan alasan-alasannya, karena dia datang dari rumah ke masjid langsung mukul," imbuh Golden.

Dilihat dari video yang diterima detikcom, Senin (20/9), aksi penyerangan terjadi saat ustaz yang dikenal bernama Chaniago itu mengisi ceramah di Masjid Baitusyayakur, Batu Ampar, Batam.

Pria yang akhirnya diketahui berinisial H itu tiba-tiba menyerang dari sisi kanan ustaz tersebut. Sementara, dalam video lainnya, terlihat pelaku diamankan jemaah, namun pelaku terus melawan.

Pelaku kemudian diserahkan ke Mapolsek Batu Ampar. Selanjutnya dilimpahkan ke Polresta Barelang untuk pemeriksaan lebih lanjut.

(ras/lir)