Tak Terima Disiram Air, Ketua DPRD Humbahas Laporkan Anggota Dewan ke Polisi

Ahmad Arfah Fansuri Lubis - detikNews
Selasa, 21 Sep 2021 10:04 WIB
Humbahas -

Rapat membahas P-APBD di DPRD Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara (Sumut), berakhir ricuh. Ketua Fraksi Golkar DPRD menyiramkan air ke Ketua DPRD dan berujung dilaporkan ke polisi.

"Semalam sudah kita laporkan ke aparat penegak hukum," kata Ketua DPRD Humbahas, Ramses Lumban Gaol, saat dimintai konfirmasi, Selasa (21/9/2021).

Ramses mengatakan dia melaporkan karena tidak terima mendapatkan kekerasan secara fisik. Dia menyebut rapat di DPRD harusnya berisi adu argumen.

"Itu kan sudah tidak sesuai lagi, menyerang fisik. Kalau adu argumen tidak apa-apa," ujarnya.

Ramses mengatakan rapat pembahasan P-APBD akan terus dilanjutkan. Dia mengatakan fraksi lain menyetujui pembahasan itu.

"Sidangnya berlanjut, itu kan aspirasi dia. Bukan dia aja anggota DPRD di Humbang, ada enam fraksi," ucap Ramses.

Ramses mengaku tak akan membawa kasus ini ke Badan Kehormatan Dewan (BKD) DPRD Humbahas. Dia menilai BKD diisi anggota dari F-Golkar.

"Mereka yang badan kehormatan, BKD. Jadi agak sulit lah," jelasnya.

Sebelumnya, video yang menunjukkan kericuhan saat rapat di DPRD Humbahas viral. Ketua DPRD Humbang Hasundutan, Ramses, disiram air saat kericuhan itu.

Dilihat detikcom pada Selasa (21/9), dalam video terlihat sejumlah anggota DPRD sedang melakukan rapat. Suasana rapat mulai memanas ketika Ketua DPRD Humbahas, Ramses Lumban Gaol, mengetuk palu.

Seorang anggota DPRD langsung berdiri mempertanyakan kenapa diambil keputusan oleh Ketua DPRD Humbahas. Dia juga terlihat mendatangi Ketua DPRD Humbahas yang duduk di bagian depan.

"Kenapa diputuskan, kenapa diputuskan, saya ini anggota Dewan, kenapa diputuskan," kata salah seorang anggota ke Ketua DPRD.

"Karena ada yang setuju," jawab Ketua DPRD.

Setelah itu, terlihat seorang anggota DPRD lainnya yang datang mendekati ketua DPRD. Anggota DPRD yang datang itu meminta agar keputusan itu dicabut.

"Cabut, cabut, cabut," teriak anggota DPRD itu.

Anggota dewan yang menggunakan baju biru itu terlihat memukul meja dan menyiramkan air dari gelas ke ketua DPRD.

"Nggak sepakat mereka itu dibahas, mereka minta P-APBD nggak usah dibahas. (Yang menyiram) dari Golkar. Ketua fraksi, Bantu Tambunan, yang nyiram itu," ujar Ramses menjelaskan peristiwa itu.

(haf/haf)