Kontak Tembak TNI-Polri Vs Teroris KKB Kembali Terjadi di Kiwirok

Wilpret Siagian - detikNews
Senin, 20 Sep 2021 20:41 WIB
A shot is fired by Canadas Zina Kocher as she competes in the Womens Biathlon 4x6 km Relay at the Laura Cross-Country Ski and Biathlon Center during the Sochi Winter Olympics on February 21, 2014, in Rosa Khutor, near Sochi.  AFP PHOTO / KIRILL KUDRYAVTSEV        (Photo credit should read KIRILL KUDRYAVTSEV/AFP/Getty Images)
Ilustrasi penembakan (Foto: AFP)
Jakarta -

Aparat gabungan TNI/Polri kembali terlibat baku tembak dengan teroris kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Lamek Alipki Taplo. Peristiwa itu terjadi di Kiwirok, Pengunungan Bintang, Papua.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal mengatakan baku tembak terjadi pukul 09.42 WIT di ibu kota Distrik Kiwirok, Senin (20/9/2021). Peristiwa itu tepatnya terjadi di Kampung Sopamikma dan Kampung Oknanggul.

"Kontak tembak terjadi saat KKB pimpinan Lamek Alipki Taplo menembaki aparat gabungan TNI/Polri dari arah Kampung Sopamikma dan Kampung Oknanggul, sehingga personel membalas tembakan dan terjadi kontak tembak," ujar Kombes Kamal di Jayapura.

Kamal mengatakan saat itu aparat gabungan TNI-Polri sedang melakukan penjagaan di Distrik Kiwirok. Aparat terus bersiaga pascapembakaran dan penyerangan terhadap tenaga kesehatan pada pekan lalu.

"Dari kontak tembak tersebut, tidak terdapat korban jiwa dan personel TNI-Polri dan masyarakat yang ada di Distrik Kiwirok," jelasnya.

Lebih jauh dikatakan, saat ini personel gabungan TNI-Polri masih mengejar dan melakukan pengamanan untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas oleh KKB.

Sementara itu, situasi di Oksibil, ibu kota Pengunungan Bintang, masih mencekam. Masyarakat merasa ketakutan karena beredar informasi bahwa KKB akan menyerang ke ibu kota Pengunungan Bintang itu.

Diketahui, penyerangan terhadap nakes itu terjadi di Distrik Kiwirok, Pegunungan Bintang, pada Senin (13/9). Selain itu, setidaknya ada lima orang nakes yang mengalami luka.

Saat ini seorang dokter Geral Sukoi (28) dilaporkan masih hilang. Dia dilaporkan sempat dipukul balok hingga kemudian didorong ke jurang.

Simak video 'Keamanan di Papua Jadi Perhatian TNI-Polri!':

[Gambas:Video 20detik]



(jbr/jbr)