Polisi Buka Kemungkinan Tersangka Kebakaran Lapas Tangerang Bertambah

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 20 Sep 2021 20:33 WIB
Gedung Mapolda Metro Jaya
Gedung Polda Metro Jaya (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Polisi telah menetapkan 3 orang petugas Lapas Kelas I Tangerang sebagai tersangka di kasus kebakaran maut. Polisi masih membuka kemungkinan adanya tersangka lain di kasus tersebut.

"Masih berkembang," jawab Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat saat ditanya kemungkinan tersangka bertambah, di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (20/9/2021).

Tiga petugas Lapas Tangerang ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan pelanggaran di Pasal 359 KUHP. Ketiganya dinilai lalai sehingga mengakibatkan meninggalnya 49 narapidana akibat kebakaran.

Ketiga orang yang telah ditetapkan tersangka itu berinisial RU, S, dan Y. Ketiganya merupakan pegawai lapas yang bertugas saat kebakaran maut terjadi.

Tubagus tidak memerinci bentuk kelalaian dari ketiga tersangka. Dia hanya menyebut proses penetapan tersangka itu usai polisi menyandingkan SOP dan penanganan di lapas hingga fakta temuan di lapangan.

"Tentang detailnya biarlah itu menjadi penyidikan. Tapi penerapan pasal dengan kejadian sudah dibandingkan dengan SOP dan dengan fakta di lapangan sehingga mengakibatkan orang lain meninggal dunia atau luka berat," pungkas Tubagus.

Sementara itu, ketika ditanya soal status Kalapas Tangerang di kasus kebakaran, Tubagus tidak menjawab secara gamblang.

"Belum," jawab Tubagus.

Halaman selanjutnya, polisi mendalami adanya unsur kesengajaan dan kealpaan dalam peristiwa kebakaran Lapas Tangerang

Simak video '3 Petugas Lapas Tangerang Jadi Tersangka Usai Periksa 8 CCTV':

[Gambas:Video 20detik]