Pegadaian Raih Penghargaan Tata Kelola HR Tingkat Nasional dan Asia

Syahputra Eqqi - detikNews
Senin, 20 Sep 2021 16:52 WIB
Pegadaian
Foto: Pegadaian
Jakarta -

PT Pegadaian Perseroan meraih penghargaan HR Asia Best Companies to Work for in Asia 2021 dan 3 penghargaan lainnya dalam acara Indonesia Human Capital Award (IHCA) VII 2021.

Sebagai informasi, HR Asia merupakan media publikasi yang menjangkau wilayah benua Asia yang di dalamnya terdapat para Profesional Senior HR yang memberikan pemeringkatan tata kelola human resource di Asia. Media ini menyelenggarakan HR Asia Best Companies to Work For In Asia dalam beberapa tahun terakhir.

Penghargaan HR Asia tersebut mengukuhkan Pegadaian sebagai salah satu perusahaan yang paling disasar para pencari kerja (Job Seeker) sepanjang 2020. Direktur Human Capital Pegadaian, Ridwan Arbian Syah mengatakan ini tidak lepas dari kinerja perusahaan yang tetap bertahan di masa pandemi COVID-19. Ketika banyak perusahaan mengurangi penghasilan karyawan hingga pemutusan hubungan kerja, Pegadaian bahkan melakukan rekrutmen karyawan.

Dia mengaku bersyukur dan berterima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh berbagai pihak atas kinerja dan tata Kelola SDM perusahaan. Ia berharap penghargaan ini dapat meningkatkan semangat dalam memberikan kontribusi terbaik bagi perusahaan dan masyarakat pada umumnya.

"Atas nama manajemen dan seluruh insan Pegadaian tentu bersyukur atas penghargaan ini. Selain itu kami juga ingin Pegadaian makin dikenal sebagai perusahaan yang baik di tingkat Asia maupun dunia," ujar Ridwan dalam keterangan tertulis, Senin (20/9/2021).

Lebih lanjut, Ridwan mengatakan bahwa Pegadaian konsisten dalam implementasi strategi groom talent sejak dari rekrutmen talenta terbaik, penempatan sesuai minat dan kompetensi, pengembangan melalui berbagai pendidikan dan pelatihan, pengembangan karier yang baik, hingga pemberian reward dan punishment yang adil dan transparan.

"Kami mengimplementasikan prinsip tata kelola perusahaan yang baik di segala bidang, termasuk dalam pengelolaan sumber daya manusia. Untuk mewujudkan pertumbuhan perusahaan secara berkelanjutan kami juga terus melakukan transformasi baik kultural maupun digital," sambungnya.

Dalam kesempatan yang berbeda, Pegadaian juga meraih 3 penghargaan pada acara Indonesia Human Capital Award (IHCA) VII 2021. IHCA merupakan salah satu event penghargaan Human Capital untuk menampilkan Best Practice in Human Capital Management dalam organisasi bisnis maupun sektor publik. Dalam acara tersebut, Pegadaian meraih The Best dan 2nd The Best of IHCA of The Year 2021 dengan predikat very excellent.

Selain itu, SVP Strategi Human Capital Pegadaian, Anung Anindita, meraih The Best Indonesia HC Leader in Creativity & Innovation 2021. Penyerahan penghargaan atas kinerja human capital Pegadaian selama tahun 2020 ini dilakukan secara hibrid dengan protokol kesehatan yang ketat dan dilaksanakan di Sheraton Hotel Mustika Yogyakarta, Jumat (17/9).

Dalam pidato penghargaannya, Anung mengatakan bahwa Pegadaian merupakan perusahaan yang terus adaptif sesuai dengan dinamika perubahan zaman. Para karyawan dituntut untuk terus melakukan inovasi produk dan layanan sesuai perkembangan teknologi dan kebutuhan masyarakat.

"Secara top down, manajemen membentuk innovation center sebagai think tank perusahaan. Di sisi lain, secara bottom up, manajemen juga mendorong seluruh karyawan untuk menyampaikan ide-ide inovasi melalui ajang Pegadaian Innovation Award yang digelar setiap tahun," pungkas Anung.

(mul/mpr)