Rusun Pasar Rumput yang Dipuji Jokowi: Dibangun Pusat-Dihibahkan ke DKI

Tim detikcom - detikNews
Senin, 20 Sep 2021 15:42 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Rusun Pasar Rumput, Jakarta Selatan. Jokowi berharap rusun ini bisa menampung masyarakat yang terkena dampak program normalisasi sungai.

Rusun Pasar Rumput dibangun oleh Satker Pengembangan Perumahan Kementerian PUPR dengan kontraktor pelaksana PT Waskita Karya, Konsultan Perencana PT Adhika Karsa Pratama, dan manajemen konstruksi PT Ciriajasa Cipta Mandiri. Total anggaran pembangunan tiga tower dengan tinggi 25 lantai senilai Rp 961,4 miliar.

Berdasarkan situs resmi Kementerian PUPR, fasilitas di Pasar Rumput antara lain adalah pasar di lantai 1 dan 2 dengan total luas 12.433 meter persegi. Jumlah kios basah dan kering sebanyak 1.314 unit. Sedangkan di lantai 3 tersedia fasilitas umum dan fasilitas sosial dengan luas 6.302 meter persegi.

Adapun unit hunian tersedia mulai lantai 4 hingga 25. Luas bangunan hunian secara keseluruhan 119.325 meter persegi dengan jumlah hunian sebanyak 1.984 unit.

Luas per unitnya 36 meter persegi, terdiri atas ruang tamu atau keluarga, ruang makan, 2 kamar tidur, toilet, kamar mandi, dan ruang servis.

Dihibahkan ke Pemprov DKI

Rusun Pasar Rumput ini mulai dibangun tahun 2016. Kemudian Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan menyerahkan pengelolaan sementara Rusun Pasar Rumput ke Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Berdasarkan situs Kementerian PUPR, serah-terima pengelolaan Rusun Pasar Rumput itu dilaksanakan 20 September 2019. Pada saat itu, meski pengelolaannya menjadi kewenangan Pemrov DKI, pemerintah pusat tetap memproses serah terima asetnya.

Rusun Pasar Rumput ini diharapkan bisa bermanfaat untuk penyediaan hunian layak bagi masyarakat Jakarta serta mendukung penataan dan normalisasi Sungai Ciliwung.