PPKM Dievaluasi Hari Ini, Bobby Yakin Medan Keluar dari Status Level 4

Ahmad Arfah Fansuri Lubis - detikNews
Senin, 20 Sep 2021 14:48 WIB
Wali Kota Medan, Bobby Nasution
Bobby Nasution (Datuk Haris/detikcom)
Medan -

Pemerintah melakukan evaluasi serta akan mengumumkan nasib status PPKM level 2, 3, dan 4 se-Indonesia hari ini. Wali Kota Medan, Bobby Nasution, yakin Medan keluar dari status PPKM Level 4.

"Insyaallah mudah-mudahan bisa turun level PPKM. Kami tetap menunggu resminya dan mudah-mudahan turun," kata Bobby di rumah dinas Gubsu, Medan, Senin (20/9/2021).

Bobby yakin Medan keluar dari status PPKM level 4 karena penurunan kasus Corona di Kota Medan. Meski begitu, Bobby mengatakan akan menunggu keputusan dari pemerintah terkait hal ini.

"Kalau melihat tren kasus dan PR (pekerjaan rumah) yang diberikan kepada kami, sudah kami kerjakan dan kalau dilihat kategori lain sudah level 3. Itu kan pandangan kami, tapi tunggu dari Mendagri seperti apa," ujarnya.

Bobby mengatakan keterisian tempat tidur untuk pasien Corona di Medan saat ini berada di bawah 30 persen. Tingkat keterisian ICU rumah sakit juga berada di bawah 30 persen.

"Kita sudah di bawah 30 persen, ICU yang memang mendekati 30 persen. Kalau yang dirawat inap itu di bawah 25 persen, untuk kesembuhan kita lihat terus meningkat. Itu berbarengan dengan fatality rate yang terus menurun, sudah di bawah 2 persen. Berarti tingkat kesembuhan itu sudah 98 persen lebih, ini data yang kita miliki," ujar Bobby.

Bobby mengatakan tingkat keterisian isolasi terpusat (isoter) juga menurun. Dia berharap tak ada lagi peningkatan kasus Corona.

"Jangan euforia juga. Yang paling penting adalah tetap masyarakat semangat menjaga kesehatan, jangan karena sudah turun euforia, nggak ada lagi prokes, itu yang kita jaga," jelas Bobby.

(haf/haf)