detikcom Do Your Magic

Pemkot Tangsel Sebut Lahan Sampah di Pondok Betung Pembuangan Liar

Arief Ikhsanudin - detikNews
Senin, 20 Sep 2021 12:29 WIB
Jakarta -

Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menyebut lahan pembuangan dan pembakaran sampah di Pondok Betung, Pondok Aren, adalah lokasi pembuangan sampah liar. Namun tempat pembuangan sampah liar itu bukannya tak bertuan.

Lokasi itu berada di RT 07 RW 01, Pondok Betung. Luas lahan yang digunakan sebagai tempat pembuangan sampah selebar 400 meter persegi. Pemilik tanah itu terdiri dari beberapa pihak, namun terdapat satu pengelola.

Kepala Seksi Pengelolaan Sampah, Dinas Lingkungan Hidup, Tangsel, Rastra Yudhatama (Yudha), merasa masalah lingkungan itu belum jelas. Pernah ada pertemuan antara pihak Dinas Lingkungan Hidup Tangsel, pihak Kelurahan Pondok Betung, pihak Kecamatan Pondok Aren, dan RT pada Sabtu (18/9) kemarin.

"Titik masalah belum jelasnya sampah yang masuk lokasi pembuangan liar. Karena Bapak Darkim (pengelola lahan), tidak hadir dan berbedanya pendapat ritasi gerobak yang masuk antara pihak Bapak Darkim dan para RT," katanya.

Menurut Yudha, pihak RT akan bertemu dengan Darkim untuk menggali soal masalah tumpukan sampah tersebut. "RT menemui Bapak Darkim dengan tekanan pasal dan memberikan solusi langsung ke Dinas LH," katanya.

Yudha mengaku sampai saat ini pihak Dinas LH masih memediasi sehingga akan ditemukan solusi secepatnya.

Pantauan detikcom pada Senin (20/9/2021) di lokasi, tampak titik-titik pembakaran di tengah tumpukan sampah. Abu sisa-sisa pembakaran sampah telah menggunung.

Sebelum siang, asap pembakaran sampah sudah bisa membuat orang yang berdiri di dekatnya tidak nyaman. Bahkan bau asap masih tercium dari kawasan permukiman warga. Asap abu-abu membumbung tinggi dari lahan sampah itu.

Sekitar enam pemulung di lokasi tampak sedang sibuk memilah dan memindahkan sampah antara yang hendak dibakar dan dijual.

Sampah yang ada di sini terdiri atas pelbagai jenis. Ada sampah kemasan makanan, sampah plastik, dan aneka sampah rumah tangga.

(aik/dnu)