Hari Ke-3 Gage di TMII, Masih Ada Mobil Pengunjung Diputarbalikkan

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Minggu, 19 Sep 2021 15:27 WIB
Giat gage di TMII (Firda Cynthia Anggrainy/detikcom)
Giat gage di TMII (Firda Cynthia Anggrainy/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah pengendara mobil terjaring giat ganjil-genap (gage) di kawasan TMII, Cipayung, Jakarta Timur. Pengendara yang pelat nomor mobilnya tak sesuai dengan tanggal giat gage diputarbalikkan.

"Sejak dimulai pukul 12.00 WIB sampai pukul 12.30 WIB tadi sudah ada empat mobil yang diputarbalikkan. Kita masih terus ingatkan pengendara," kata Kanit Lantas Cipayung AKP Anton Budiarto di Jalan Pintu Masuk TMII, Cipayung, Jakarta Timur, Minggu (19/9/2021).

Pemberlakuan gage hanya diberlakukan di satu pintu masuk TMII. Jajaran Satlantas dan Sudin Perhubungan Jakarta Timur memberlakukan itu guna mengurangi mobilitas pengunjung pada akhir pekan di tempat wisata.

"Pintu masuk di TMII ini ada lima, tapi yang dibuka hanya satu. Ini untuk mengurangi mobilitas pengunjung, jadi gage hanya diberlakukan di pintu masuk utama TMII," tuturnya.

Pantauan detikcom pada Minggu (19/9), pukul 13.00 WIB, sebanyak 22 aparat gabungan yang terdiri atas polisi, Satpol PP, dan Dishub bertugas menjaga di titik gage TMII. Tampak masih ada mobil berpelat genap yang mencoba memasuki kawasan TMII. Namun mobil berpelat nomor genap tersebut segera diputarbalikkan petugas karena tak sesuai dengan tanggal.

"Gage ini hanya berlaku untuk kendaraan roda empat yang pelatnya genap hari ini, kalau roda dua tidak," ujarnya.