Harga Jagung Masih Tinggi, PDIP Minta Mendag-Mentan Eksekusi Arahan Jokowi

Eva Safitri - detikNews
Sabtu, 18 Sep 2021 19:04 WIB
Ono Surono, ketua dpd pdip jawa barat, ketua dpd pdip jabar, anggota komisi iv dpr, pdip
Ono Surono (Foto: dok. Istimewa)

Emak-emak Blitar Geruduk Suroto

Emak-emak peternak Blitar menggeruduk rumah Suroto. Mereka menanyakan janji Presiden Jokowi untuk menurunkan harga jagung di kisaran Rp 4.500 per kilogram.

Salah satu emak peternak asal Kecamatan Talun, Yesi, mengatakan sengaja mengajak beberapa emak peternak untuk mengetahui hasil pertemuan Suroto dengan Presiden Jokowi. Mereka juga menanyakan kepada Suroto, realisasi janji yang disampaikan Presiden.

"Katanya hasil rapat harga jagung diturunkan. Tapi sampai hari ini harga jagung masih di atas Rp 6.000 per kg. Padahal janjinya akan direalisasikan sepekan ini," kata Yesi kepada detikcom, Sabtu (18/9/2021).

Yesi mengaku kondisi peternak Blitar tak bisa bertahan lebih lama dengan harga jagung seperti ini. Seluruh aset mereka telah tergadaikan untuk mendapat tambahan modal, terutama untuk belanja pakan.

"Kapan ini harga jagung turun. Kami sudah nggak bisa menunggu lama. Kondisi kami saat ini, kalau orang sakit, itu sudah kritis. Gulung tikar bukan sekadar terancam, tapi sudah di depan mata," imbuhnya.

Emak-emak peternak berharap Suroto, yang punya akses langsung dengan pemimpin negara ini, menghubungi Jakarta kembali untuk menanyakan kapan janji harga jagung turun itu terealisasi.


(eva/hri)