Suroto Digeruduk Emak-Emak Usai Bertemu Jokowi, PKB: Persoalan Serius

Eva Safitri - detikNews
Sabtu, 18 Sep 2021 18:10 WIB
Daniel Johan
Daniel Johan (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Suroto, peternak yang bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), digeruduk emak-emak untuk menurunkan harga jagung. Anggota Komisi IV Fraksi PKB, Daniel Johan menilai hal ini merupakan persoalan serius.

"Ini mewakili jeritan rakyat kecil yang sedang berjuang agar harapan mereka didengar oleh Presiden, dan emak-emak datang mengadu ke Pak Suroto juga bukti bahwa ini persoalan serius bagi peternak dan menunggu perbaikan nasib mereka," kata Daniel kepada wartawan, Sabtu (18/9/2021).

Daniel meminta aspirasi emak-emak itu segera direspons pemerintah, dalam hal ini pembantu Presiden. Apalagi, menurutnya, Jokowi sudah meminta harga pakan ternak diturunkan.

"Sehingga aspirasi emak-emak tersebut harus segera direspons pemerintah, terutama para pembantu Presiden. Apalagi Presiden sudah sampaikan untuk menurunkan harga di kisaran Rp 4.500 per kilogram sebagai kebutuhan utama pakan ternak," ujarnya.

Daniel meminta adanya solusi terkait persoalan ini. Solusi jangka pendek, menurutnya, perlu dilakukan dengan segera menurunkan harga produksi pakan.

"Harus segera carikan solusi terbaik agar masyarakat yang beternak tidak mengalami kerugian. Masalah pakan ini menjadi persoalan bagi peternak rakyat karena 70 persen biaya produksi ada pada pakan. Solusi jangka pendek memang menurunkan bahan baku pakan seperti jagung, tetapi harus dihitung secara matang agar petani jagung juga tetap untung," ujar Daniel.

Lebih lanjut Daniel mengatakan pemerintah harus membongkar penyebab harga pakan yang masih mahal. Sebab, menurutnya, hal ini menyangkut kedaulatan pangan nasional dan perlindungan peternak.

"Jadi ada persoalan besar struktural yang harus dibongkar dan diperbaiki sekaligus kebijakan afirmatif perlindungan bagi peternak karena ini menyangkut kedaulatan pangan nasional kita, apalagi di tengah-tengah Indonesia kalah dengan Brasil di WTO karena urusan ayam ini sangat mengancam nasib peternak dan petani jagung Indonesia. Harus dibongkar mengapa kita kalah efisien dengan Brasil," ujarnya.

Simak selengkapnya di halaman berikut

Simak Video: Jokowi Temui Peternak Blitar Suroto, PD: Bentuk Penyesalan Istana!

[Gambas:Video 20detik]