Ini Spesifikasi Kapal Perang Frigate Arrowhead 140 Calon Armada TNI AL

Eva Safitri - detikNews
Sabtu, 18 Sep 2021 13:56 WIB
Menhan Prabowo Subianto
Menhan Prabowo Subianto (Foto: dok. Istimewa)

Kemudian peluncur rudal vertikal ke udara dengan jarak jauh (vertical launcher missile surface to air long range) 4×8 cells serta peluncur rudal vertikal ke permukaan dengan jarak jauh (vertical launcher missile surface to surface long range) 2×8 cells yang mana akan dilakukan proses pemasangan dengan sistem fit for but not with (FFBNW).

Lebih lanjut dalam situs resmi, kapal perang AH40 diberi tagline 'sebuah bukti, kapabilitas, dan kemampuan beradaptasi di dunia pelayaran modern secara global'.

Kapal fregat ini memiliki panjang total 138,7 meter dengan berat mencapai 5.700 ton. Sementara itu, bobotnya lebih berat 2.000 ton dari kapal perang fregat sejenis yang ada di pasaran.

Selain itu, kapal perang ini bisa memuat hingga lebih dari 160 orang, dan memerlukan minimal 100 orang kru kapal untuk beroperasi.

Rencananya, pembangunan kapal Frigate akan dikerjakan dalam kurun waktu 69 bulan. Ditandatanganinya licence agreement antara PT PAL Indonesia (Persero) dan Rosyth Royal Dockyard Ltd (Babcock) sebagai penyedia desain akan menambah kesiapan PT PAL Indonesia (Persero) pada tahapan pengerjaan dua unit kapal Frigate. Sehingga ke depannya dapat menambah prestasi dalam negeri pada kemandirian produksi alutsista untuk Indonesia.


(eva/hri)