Ini Spesifikasi Kapal Perang Frigate Arrowhead 140 Calon Armada TNI AL

Eva Safitri - detikNews
Sabtu, 18 Sep 2021 13:56 WIB
Menhan Prabowo Subianto
Menhan Prabowo Subianto (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Indonesia bekerja sama dengan Inggris terkait pembuatan kapal Frigate Arrowhead 140. Kapal ini merupakan kapal perang yang nantinya akan menjadi armada baru Angkatan Laut.

Dikutip dari situs pal.co.id Sabtu (19/9/2021), PT PAL Indonesia (Persero) telah menandatangani licence agreement dengan Rosyth Royal Dockyard Ltd (Babcock) sebagai penyedia desain Arrowhead 140 untuk pengadaan 2 (dua) unit kapal Frigate Kementerian Pertahanan RI pada 16 September 2021.

Penandatanganan dilaksanakan oleh CEO PT PAL Indonesia (Persero) Kaharuddin Djenod dan CEO Rosyth Royal Dockyard Ltd David Lockwood dan disaksikan oleh Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto di London, Inggris.

Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto dan Menteri Pertahanan Inggris, RT. Hon Ben Wallace MP – telah menyaksikan penandatanganan perjanjian tersebut di London. (dok. Kedubes Inggris)Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto dan Menteri Pertahanan Inggris RT Hon Ben Wallace MP setelah menyaksikan penandatanganan perjanjian tersebut di London. (dok. Kedubes Inggris)

PAL memilih Babcock sebagai penyedia desain kapal Frigate setelah sebelumnya mempertimbangkan portofolio dan track record Babcock sebagai penyedia naval technology yang modern. Sebelumnya PAL dan Babcock telah melaksanakan penandatanganan confidentiality agreement pada 30 Januari 2021.

Selanjutnya kedua belah pihak melaksanakan pembahasan secara rinci terkait dengan rencana kerja sama dan lingkup pekerjaan masing-masing.

Kapal Frigate ini akan mengusung Main Engine dengan spesifikasi 4 x 9100 kW. Pasokan tenaga tersebut mampu memacu kapal dengan maximum speed sampai 28 knot dengan kondisi MCR (full board). Endurance pada 18 knot sebesar 9.000 NM.

Kapal Frigate nantinya juga akan dilengkapi dengan diesel generator 4×1360 kW dan emergency D/G 1X180 kW. Untuk kemudahan manuver, kapal ini dilengkapi dengan bow thruster sebesar 925 kW.

Kapal Frigate juga akan dilengkapi dengan rudal sebagai bentuk sistem pertahanan udara. Spesifikasinya adalah peluncur rudal vertikal jarak sedang (vertical launcher missile surface to air medium range) 3×8 cells.

Simak spesifikasi lainnya di halaman berikut

Simak juga Video: Mahfud Pastikan TNI-Polri Siap Amankan Presidensi G20

[Gambas:Video 20detik]