Viral Surat untuk Nadiem soal Guru Honorer Lansia Gagal Tes PPPK

Jabbar Ramdhani - detikNews
Sabtu, 18 Sep 2021 13:31 WIB
Nadiem Doakan Para Guru Honorer Lulus Ujian PPPK Guru 2021
Mendikbud-Ristek Nadiem Makarim saat meninjau guru honorer mengikuti seleksi PPPK guru beberapa waktu lalu (Foto: dok. Kemendikbud-Ristek)
Jakarta -

Surat terbuka yang ditujukan kepada Mendikbud-Ristek Nadiem Makarim soal guru honorer lansia yang gagal ikut seleksi PPPK Guru viral di media sosial (medsos). Surat itu juga ramai direspons warganet.

Surat tersebut ditulis Novi Khassifa, seorang pengawas ruang seleksi PPPK guru di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Novi menulis surat terbuka untuk Nadiem di akun Facebooknya.

Novi menyoroti seorang guru honorer lansia yang mengikuti seleksi PPPK. Dia mengatakan guru tersebut mengenakan sepatu tua yang sudah lusuh.

Guru itu disebutnya hanya mendapatkan honor Rp 500 ribu sebulan. Menurutnya, uang sebesar itu bahkan tak cukup untuk makan sebulan, apalagi untuk mengganti sepatu.

Dia mengatakan guru itu akhirnya tidak lulus passing grade dan akhirnya hanya bisa terdiam. Novi mengatakan guru tersebut sudah berpuluh tahun mengajar.

Selain surat terbuka, postingan lain soal guru honorer lansia mengikuti seleksi PPPK guru juga banyak diunggah warganet. Mereka juga menyoroti soal guru yang sudah berumur sehingga mereka tidak terlalu melek teknologi.

Warganet menilai tes PPPK ini tidak fair karena cuma teoretis, bukan praktik mengajar yang sudah dilakukan puluhan tahun. Dan tes CPNS PPPK menggunakan komputer, sehingga guru-guru senior itu harus bersaing dengan calon guru yang lebih muda dan melek teknologi.

Dari postingan tersebut, warganet banyak yang mencurahkan harapan agar guru-guru senior ini mendapatkan pengecualian dalam tes PPPK karena pengabdiannya yang sudah puluhan tahun dan selama ini mendapatkan gaji yang masih tergolong kecil.

Kemendikbud-Ristek memberikan tanggapan terkait postingan dan aspirasi tersebut. Simak di halaman selanjutnya.

Lihat juga Video: Menteri Nadiem Menginap di Rumah Guru, Makan Sampai Nambah

[Gambas:Video 20detik]