HUT ke-76 PMI, Sudirman Said Kenang Sosok Teladan Bung Hatta

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 18 Sep 2021 11:11 WIB
Sudirman Said
Sudirman Said (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Palang Merah Indonesia (PMI) memperingati hari jadinya ke-76 pada 17 September 2021. Sekretaris Jenderal PMI Sudirman Said berziarah ke makam Bung Hatta di TPU Pemakaman Tanah Kusir Jakarta.

Sudirman Said dalam pidatonya mengatakan kegiatan ziarah itu untuk mengenang sosok Bung Hatta sebagai pendiri PMI. Dia berpesan untuk meneladani sikap Bung Hatta.

"Kita bersama sama hadir di pusara Proklamator kita, Bapak Bangsa, dan juga Bapak Palang merah Indonesia, dalam rangka memperingati hari jadi ke-76 PMI. Ziarah ini mengandung makna mendoakan, mengenang, mengambil pelajaran dan meneladani orang yang kita ziarahi," kata Sudirman Said dalam keterangan tertulisnya.

Sudirman mengatakan bahwa Bung Hatta menjadi teladan bagi insan PMI di Indonesia. Bung Hatta dinilai telah membagikan ilmu kemanusiaan yang kini sangat berguna.

"Bagi kita insan PMI, Bung Hatta tentu merupakan sumber teladan yang tak habis-habisnya, bagaimana mata air yang terus mengaliri ilmu dan hikmah kehidupan. Jika membaca buku-buku beliau, membaca ulasan tentang beliau jelas sekali Bung Hatta adalah seorang pejuang, seorang humanis, seorang negarawan, dan pemikir yang hingga hari ini buah pikirannya tetap relevan," katanya.

"Sikap hidupnya yang memilih prinsip di atas segalanya, merupakan sikap hidup yang kita rindukan dari para pemimpin, para pemangku jabatan jabatan penting. Kesederhanaan hidup pribadinya kita tahu semua, bukan karena beliau tidak bisa hidup mewah tetapi karena pilihan sikapnya," lanjut Sudirman.

PMI, kata Sudirman, sangat beruntung dan bersyukur memperoleh ketua pertama Dr Mohammad Hatta. Dia merupakan sosok pribadi yang dapat terus menjadi acuan.

"Menjadi tempat bagi kami-kami, dan insyaallah bagi generasi mendatang sebagai sumber teladan," tuturnya.

76 tahun yang lalu PMI resmi berdiri atas perintah Presiden Soekarno, dan yang menjadi Ketua Pertama adalah Bung Hatta. Dia berharap PMI terus berkiprah ke depan.

"Bung Hatta tidak lama mengemban amanah sebagai ketua, dan menyerahkannya kepada dr. Boentaran. Dan PMI terus berkiprah hingga hari ini, dan semoga untuk seterusnya," ujarnya.

Simak selengkapnya di halaman berikut