2 Pekan Operasi, Polda Metro Sita 5.752 Ekstasi hingga 9 Kg Tembakau Sinte

Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 18 Sep 2021 00:28 WIB
Konferensi pers Polda Metro Jaya ungkap kasus narkoba
Konferensi pers ungkap kasus narkoba Polda Metro Jaya (Foto: Yogi/detikcom)
Jakarta -

Jajaran Ditresnarkoba Polda Metro Jaya membongkar dua home industry narkoba selama dua pekan terakhir. Total ada 10 orang telah ditetapkan tersangka.

"Dalam kurun waktu dua minggu mengungkap 10 orang tersangka dari jenis narkoba sabu sampai dengan tembakau gorila atau sinte. Kita juga berhasil membongkar dua home industry tembakau sinte yang lintas provinsi Jakarta-Jabar," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (17/9/2021).

Sejumlah barang bukti berhasil disita polisi. Di antaranya ribuan butir ekstasi hingga 9 kilogram tembakau sinte.

"5.652 butir ekstasi diamankan dari 2 TKP. Lalu ada tembakau sinte seberat 9,26 kg dan ada bubuk canabinoid 508 gram," jelas Yusri.

Bongkar Peredaran Sabu Diselundupkan di Speaker

Yusri menyebut pada 2 September lalu pihaknya berhasil mengungkap 700 butir ekstasi dan sabu seberat 56,6 gram di daerah Matraman, Jakarta Timur. Dua orang tersangka inisial AH dan SH berhasil ditangkap polisi.

Keduanya mengaku barang bukti sabu itu nantinya akan dikirim ke daerah Sulawesi Selatan. Namun, sebagai kamuflase paket narkoba itu diselundupkan ke dalam speaker.

"Barang bukti 700 butir dan 56,6 gram sabu ke semua ini rencana akan dibawa ke Sulawesi Selatan. Ini ekstasi dan sabu dikamuflase ditaruh di speaker," beber Yusri.

Para pelaku ini dijerat dengan Pasal 114 subsider 112 Juncto 132 UU 35 Tahun 2009 tentang narkoba. Kedua pelaku terancam hukuman minimal 5 tahun penjara.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya: