Round-Up

Nurani Jadi Alasan JoMan Tak Patuhi Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 17 Sep 2021 20:40 WIB
JoMan (Jokowi Mania) Jatim deklarasi di surabaya
Sejumlah kelompok relawan Jokowi, salah satunya JoMan, deklarasi mendukung Ganjar di Pilpres 2024. (Faiq Azmi/detikcom)
Jakarta -

Relawan Jokowi Mania (JoMan) menyatakan dukungan untuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo maju di Pilpres 2024. Padahal, Jokowi belum memberikan arahan apa-apa ke relawan pendukungnya. Alasan apa yang melatarbelakangi JoMan hingga tidak patuh kepada Jokowi?

Ketua Umum JoMan Immanuel Ebenezer menganggap dukungan untuk Ganjar maju di Pilpres 2024 tidak ada mengkhianati siapa-siapa. Sebab, dukungan itu diberikan atas perintah hati nurani.

"Nggak ada yang dikhianati dalam hal ini, JoMan tetap tegak lurus Jokowi dan relawan Jokowi tetap solid dan satu suara. Sikap JoMan hari ini karena kita diperintah oleh hati nurani kita yang nggak mungkin kita lawan," kata Immanuel kepada wartawan, Jumat (17/9/2021).

JoMan mengklaim dasar keputusan mereka mendukung Ganjar tidak berbeda seperti saat JoMan memutuskan mendukung Jokowi pada Pilpres 2014 dan 2019. Ketika itu, JoMan juga diperintah hati nurani.

"Sama halnya ketika kita mendukung Jokowi pada periode pertama dan kedua. Kita semua para pendukung beliau diperintah oleh pilihan hati nurani kita," sebut Noel, sapaan akrab Immanuel.

JoMan sepertinya sudah siap menghadapi dampak yang ditimbulkan usai mendeklarasikan dukungan ke Ganjar. Meski ada yang memandang sebelah mata, JoMan mengaku tidak akan mengubah arah dukungan.

"Kalau orang di luar sinis atas sikap kita, itu adalah risiko. Sikap kita nggak berubah, tetap dukung Mas Ganjar Pranowo 2024 buat RI-1," terang Noel.

Ternyata, bukan JoMan saja relawan Jokowi yang memutuskan mendukung Ganjar untuk maju di Pilpres 2024. Relawan Jokowi di Jawa Timur juga menyatakan mendukung Ganjar maju di Pilpres 2024.

Relawan Jokowi tersebut menamakan diri mereka sebagai Ganjar Pranowo (GP) Mania. JoMan juga merupakan bagian dari GP Mania. Bahkan, Noel turut hadir saat GP Manis mendeklarasikan dukungan.

Baca selengkapnya di halaman berikutnya.

Simak Video: Relawan JoMan Jatim Deklarasikan Dukung 'Ganjar The Next Jokowi'

[Gambas:Video 20detik]