4 Arti Warna di PeduliLindungi Saat Scan QR Code, Wajib Tahu!

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 19 Sep 2021 09:23 WIB
4 Arti Warna di PeduliLindungi Saat Scan QR Code, Wajib Tahu!
4 Arti Warna di PeduliLindungi Saat Scan QR Code, Wajib Tahu! (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)
Jakarta -

Arti warna di PeduliLindungi perlu diketahui saat hendak melakukan scan QR code di sejumlah tempat. Kini memang aplikasi tersebut kian banyak digunakan untuk mengakses berbagai aktivitas masyarakat di masa pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Sebelum masuk atau mengakses layanan transportasi, masyarakat akan diminta memindai QR Code yang ada di aplikasi PeduliLindungi. Fitur ini akan memudahkan masyarakat yang telah divaksin COVID-19 tanpa perlu menunjukkan kartu vaksin dalam bentuk cetak.

Aplikasi PeduliLindungi memiliki fitur untuk mendeteksi status kesehatan penggunanya. Ada 4 kriteria yang kini terdapat di aplikasi tersebut, yaitu warna hitam, hijau, kuning dan merah.

Lalu Arti Warna di PeduliLindungi Apa Saja?

Melansir dari Covid19.go.id, ada makna tersedia bagi warna-warna yang muncul pada fitur safe entrance di aplikasi PeduliLindungi, berikut maknanya:

1. Warna hitam pada aplikasi PeduliLindungi: pengguna terkonfirmasi positif Covid-19 atau memiliki riwayat kontak erat dengan pasien Covid-19. Kriteria ini dilakukan evaluasi agar tidak melakukan aktivitas dalam meningkatkan terjadinya kasus. Pengunjung yang memiliki status warna ini tidak diperbolehkan masuk ke tempat umum.

2. Warna merah pada aplikasi PeduliLindungi: pengunjung belum divaksinasi Covid-19 atau bisa juga pengunjung dalam kondisi terpapar atau kontak erat dengan pasien Covid-19. Pengunjung yang memiliki status warna ini tidak diperbolehkan masuk ke tempat umum.

3. Warna kuning/oranye pada aplikasi PeduliLindungi: pengunjung sudah divaksinasi dosis pertama. Pengunjung diperbolehkan masuk setelah petugas melakukan verifikasi lebih lanjut. Pengunjung yang memiliki warna barcode ini wajib menerapkan protokol kesehatan sangat ketat.

4. Warna hijau pada aplikasi PeduliLindungi: pengunjung sudah divaksinasi lengkap dan memiliki status aman. Warna hijau diperbolehkan masuk tempat umum.

Daftar Kegiatan yang Mewajibkan PeduliLindungi

Arti warna di PeduliLindungi saat proses pemeriksaan kini sudah diketahui. Nah, kamu perlu memperhatikan juga lokasi mana saja yang sudah mewajibkan aturan tersebut. Berikut di antaranya:

1. Masuk Mal dan Pusat Perbelanjaan.

Hal ini mengacu pada Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) No 42 Tahun 2021, masyarakat yang berada di wilayah dengan PPKM level 2 dan 3 di Jawa Bali. Aturan ini berlaku di wilayah dengan PPKM level 2 dan 3.

2. Supermarket dan Hypermarket

Mulai 14 September lalu, aplikasi PeduliLindungi wajib dipakai untuk masuk supermarket dan hypermarket. Pengunjung dapat mengakses supermarket hingga pukul 21.00 waktu setempat.

3. Dine-in di Restoran

Setiap restoran/rumah makan, kafe di ruang terbuka wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Untuk di DKI Jakarta, Kota Bandung dan Kota Surabaya juga akan dilakukan uji coba untuk restoran hingga kafe yang berada di lokasi tertutup.

4. Nonton Bioskop

Bioskop sudah mulai diizinkan buka di masa PPKM sata ini. Aplikasi PeduliLindungi wajib digunakan.

Simak juga 'Seperti PeduliLindungi, Ini 5 Aplikasi Tracing Covid-19 di Negara Lain':

[Gambas:Video 20detik]