Yayasan Az Zikra Cabut Gugatan Bisnis Madu Ustaz Arifin Ilham

Andi Saputra - detikNews
Jumat, 17 Sep 2021 16:22 WIB
Gedung Pengadilan Negeri Jakarta Pusat
Gedung PN Jakpus (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Yayasan Az Zikra mencabut gugatan terhadap Muhammad Ja Far Audah. Az Zikra menggugat terkait sengketa merek bisnis madu Ustaz Arifin Ilham ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus).

"Menetapkan. Mengabulkan permohonan pencabutan perkara oleh Penggugat. Menyatakan sah pencabutan perkara Niaga yang terdaftar di Kepaniteraan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat tertanggal 30 Juni 2021 Nomor: 38/Pdt Sus.MEREK/2021/PN.Niaga.Jkt.Pst," demikian bunyi putusan PN Jakpus yang dikutip dari Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) PN Jakpus, Jumat (17/9/2021).

Penetapan itu diputus oleh ketua majelis Kadarisman Al Riskandar dengan anggota Mochamad Djoenaidie dan Heru Hanindyo.

"Memerintahkan Panitera Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat untuk mencoret perkara permohonan Nomor 38/Pdt.Sus-MEREK/2021/PN.Niaga.Jkt.Pst., tersebut dari daftar perkara yang tersedia untuk itu. Membebankan biaya perkara ini kepada Penggugat, yang hingga kini diperhitungkan sebesar Rp 2.250.000," ujar majelis.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, kakak ipar mendiang Arifin Ilham, Nazmi Bawazier, mengatakan pihaknya sama sekali tak mengetahui persoalan yang tengah digugat ini. Ia mengaku sangat kaget ketika mengetahui pihak penggugat adalah Yayasan Az Zikra, yang juga didirikan oleh mendiang Arifin Ilham.

"Pada dasarnya kami juga tidak tahu apa-apa. Kami juga kaget tiba-tiba ada proses hukum dan itu yang menggugat itu atas nama yayasan," ujar Nazmi kepada detikcom, Jumat (20/8).

Nazmi menjelaskan bisnis madu milik Muhammad Ja Far ini digugat persoalan Hak Atas Kekayaan Intelektual atau HAKI. Pihak Yayasan Az Zikra menggugat atas nama dari produk madu tersebut. Menurut Nazmi, pemilik HAKI sejak dulu adalah mendiang Ustaz Arifin Ilham.

"Muhammad Ja Far yang tergugat itu. Ini yang dari dulu almarhum Ustaz Arifin Ilham 2013, pemegang HAKI-nya itu adalah beliau," kata Nazmi saat itu.

Lihat juga Video: Alasan Alvin Faiz Tak Muncul ke Publik Usai Diterpa Kabar Miring

[Gambas:Video 20detik]



(asp/zap)