Apes Perampok Emas Medan Dijanjikan Rp 100 Juta tapi Baru Dapat Rp 4 Juta

Datuk Haris Molana - detikNews
Jumat, 17 Sep 2021 12:08 WIB
Medan -

Para pelaku perampokan toko emas di Pasar Simpang Limun, Kota Medan, mengaku dijanjikan Rp 100 juta oleh otak pelaku. Apesnya, usai merampok mereka malah diberi Rp 4 juta.

Salah satu pelaku Paul, mengaku nekat melakukan aksi itu karena dijanjikan uang sebesar Rp 100 juta. Akan tetapi, Paul menyebut usai merampok dia dan kawannya hanya menerima Rp 4 juta.

"Karena duit. Rp 100 juta (dijanjikan)," kata Paul.

Paul lalu menceritakan awal dirinya diperintahkan oleh Hendrik Tampubolon yang diduga sebagai otak pelaku. Paul menyebut dia bersama Farel dan Bejo diminta untuk mengamati lokasi yang tepat untuk dijadikan sasaran.

"Tanggal 25 Agustus (mengamati). Saya, Farel, Bejo disuruh Hendrik. Kata Bang Hendrik besok kita mainkan tanggal 26 Agustus. Jadi sekarang cobalah kalian pergi ke Simpang Limun, coba kalian tengok mana yang cocok menurut kalian yang bisa kita mainkan besok," sebut Paul.

Paul menyebut senjata yang digunakan pun telah disiapkan oleh Hendrik. Saat kejadian, dirinya memegang senjata laras pendek.

"Bang Hendrik semua yang nyiapkan. Saat kejadian, abang itu pegang yang panjang, saya yang pendek. Yang mecahkan kaca itu saya pak," ucap Paul.

Kemudian, Paul menegaskan bahwa saat melancarkan aksi itu, mereka di bawah arahan Hendrik. Setelah selesai merampok, mereka pun dibawa ke ladang-ladang.

"Pertama kami ikuti arahan abang itu, pokoknya abang itu di depan kami di belakang. Terus kami dibawa ke ladang-ladang. Saya tidak tahu pas alamatnya," sebutnya.

Lalu, sesampai di lokasi itu emas hasil rampokan dikumpulkan dalam satu tas. Kepada Paul, Farel dan Bejo, mereka diberikan uang sebesar Rp 4 juta.

"Karena emas udah dikumpulin dalam satu tas semua. Terus dibagilah duit Rp 4 juta, kami perorang. Terus dibilang abang itu pokoknya kalian harus percaya sama saya. Kalau emas ini nanti abang yang apain, yang jual. Nomor kalian tetap aktif. Tunggu kabar dari abang selanjutnya, habis ini kalian langsung pulang kalian belok kanan abang belok kiri," sebutnya.

Simak selengkapnya di halaman berikut