Crowd Free Night di Kawasan Kota Tua Juga Berlaku untuk Pedagang

Karin Nur Secha - detikNews
Jumat, 17 Sep 2021 10:08 WIB
Dinas Perhubungan DKI Jakarta melakukan penerapan zona emisi atau low emission zone di kawasan Kota Tua. Namun hingga kini masih ada pengendara yang menerobos kawasan tersebut.
Kawasan Kota Tua, Mangga Besar, Tamansari, Jakarta Barat (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Polisi memberlakukan crowd free night di kawasan Kota Tua, Tamansari, Jakarta Barat. Crowd free night tidak hanya berlaku bagi pengendara, tetapi juga berlaku bagi pedagang di sekitar tempat wisata tersebut.

"Makanya crowd free night itu kita arahkan sesuai yang dirujuk oleh pemerintah. Cuma mereka (pedagang) sering melanggar dekat-dekat situ, karena basis titik objek wisata kan mereka berdagang itu," ujar Kapolsek Tamansari AKBP Iverson Manossoh saat dimintai konfirmasi, Jumat (17/9/2021).

Iverson mengatakan pedagang tidak boleh berjualan di atas pukul 22.00 WIB. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerumunan.

"Karena kita melihat kesadaran mereka bahwa lokasi itu memang sesungguhnya bukan untuk berdagang. Jadi jangan dilanggar waktunya sampai pukul 22.00 WIB close mereka sudah selesai," kata Iver.

"(Untuk penindakan) kita tetep imbau secara humanis untuk kembali dan syukurlah mereka masih patuh dengan batas waktu itu, karena kita melihat kesadaran mereka bahwa lokasi itu memang sesungguhnya bukan untuk berdagang," sambungnya.

Berlaku Pukul 22.00-04.00 WIB

Crowd free night di Kota Tua diuji coba sejak Sabtu (11/9). Crowd free night di Kota Tua mulai berlaku pada Kamis (16/9) malam tadi.

"Itu kita uji coba di hari Sabtu (11/9) malam Minggu kemarin, tadi malam kami coba itu. Efektif itu, crowd free night ini tujuannya kita mengendalikan arus kemudian untuk rekayasa lalu lintas ya. Tujuannya untuk menghindari titik kerumunan. Jadi Kota Tua ini jadi tempat dari dulu kan ada banyak kerumunan," ujar Iverson, Kamis (16/9).

Dengan adanya crowd free night tersebut diharapkan mengurangi kerumunan, khususnya di sentra kuliner. Crowd free night berlaku pada pukul 22.00-04.00 WIB.

"Jadi sudah tidak ada layanan apa pun itu. Kita menyesuaikan dengan jam busway operasi. Karena busway kan di atas jam 22.00 WIB ke atas sudah nggak beroperasi, baru kita lakukan crowd free night. Kesepakatan dengan tiga pilar mulai crowd free night dan efektif," jelas Iver.

Kemudian, Iver menyebut crowd free night akan diberlakukan hingga kesadaran masyarakat tumbuh dengan sendirinya. Perlu diketahui pemberlakuan crowd free night di kawasan Kota Tua diberlakukan di hampir seluruh Jalan Kunir.

"Iya, kita lanjutkan nanti malam, kita lanjut terus, terus, nanti kita paling kenceng Sabtu-Minggu, malam Minggu itu paling banyak," ucap Iver.

(mea/mea)