Airlangga Tinjau Vaksinasi Santri di Pekalongan

Inkana Izatifiqa R Putri - detikNews
Kamis, 16 Sep 2021 21:24 WIB
Airlangga Hartarto
Foto: dok. Golkar
Jakarta -

Hingga 14 September 2021 total vaksinasi di Indonesia telah mencapai 118,36 juta dosis dan 42,76 juta penduduk telah menerima vaksin lengkap. Target penerima vaksinasi juga telah diperluas menyasar anak usia di atas 12 tahun dan ibu hamil.

Dalam rangka akselerasi vaksinasi, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meninjau langsung beberapa sentra vaksinasi di Indonesia. Salah satunya sentra vaksinasi untuk santri dan masyarakat umum di Rumah Sakit Zaky Djunaid Pekalongan. Adapun hal ini bertujuan untuk memastikan pelaksanaan vaksinasi terselenggara dengan baik dan menerapkan protokol kesehatan.

"Sudah dapat izin dari orang tua atau belum?" ujar Airlangga kepada salah seorang santri yang dikutip dalam keterangan tertulis, Kamis (16/9/2021).

Hal tersebut ia sampaikan saat menyapa para santriwan dan santriwati yang sedang divaksinasi. Sapaan ini pun disambut jawaban para santri yang mengatakan kegiatan vaksinasi telah disertai izin orang tua.

Lebih lanjut Airlangga menjelaskan tren vaksinasi di Kota Pekalongan terus mengalami peningkatan. Hingga Agustus, capaian vaksinasi di Kota Pekalongan dosis 1 mencapai 96.307 dosis, dosis 2 sebanyak 56.331 dosis dan dosis 3 (booster) sebanyak 1.480. Adapun pelaksanaan vaksinasi ini melibatkan jumlah vaksinator sebanyak 216 orang. Airlangga berharap kegiatan vaksinasi dapat mencapai 650 dosis dalam satu hari.

"Dengan dukungan vaksinator dari TNI dan Dinas Kesehatan, sentra vaksinasi ini ditargetkan dapat melayani sebanyak 650 penduduk dalam satu hari," paparnya.

Selain meninjau vaksinasi, Airlangga turut berdialog dengan Wali Kota Pekalongan, Achmad Afzan Arslan Djunaid (Aaf) terkait penanganan OVID-19 dan vaksinasi di Kota Pekalongan. Aaf menyampaikan pemerintah daerah beserta Forkopimda Kota Pekalongan terus bekerja keras guna menekan laju COVID-19. Pihaknya juga melakukan percepatan suntikan vaksinasi.

Di kesempatan tersebut, Airlangga juga memberikan bantuan berupa sejumlah paket sembako kepada tenaga kesehatan Puskesmas Buaran Kota Pekalongan.

Sebagai informasi, turut hadir dalam kesempatan tersebut Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso, Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Musdhalifah Machmud, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Iskandar Simorangkir, dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan Slamet Budiyanto.

(prf/ega)