PPKM Medan Masih Level 4, Ini Penyebabnya dan Langkah Walkot Bobby

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 16 Sep 2021 18:37 WIB
PPKM Medan Masih Level 4, Ini Penyebabnya dan Langkah Walkot Bobby
PPKM Medan Masih Level 4, Ini Penyebabnya dan Langkah Walkot Bobby (Ilustrasi/Haris Fadhil/detikcom)
Medan -

PPKM Medan saat ini belum bisa turun dari PPKM level 4. Ternyata, PPKM Medan level 4 karena ada kesalahan data kasus aktif Corona.

"Kemarin kita sudah rapat dengan provinsi, sudah kita perbaiki datanya karena mungkin pengumuman hari ini, kita rapat bersama provinsi kemarin, makanya baru hari ini kita masukkan. Sudah kita perbaiki dan sudah kita informasikan ke provinsi juga," tutur Wali Kota Medan, Bobby Nasution saat diwawancarai, Selasa (14/9/2021)

PPKM Medan Level 4 Diumumkan Menko Airlangga

Sebelumnya, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan bahwa ada dua provinsi yang telah mengalami penurunan status level dari PPKM level 4. Sekarang sudah tidak ada provinsi di luar Jawa-Bali yang berstatus PPKM level 4.

"Kalau kita lihat secara provinsi terjadi penurunan dari level 4, yaitu dari dua provinsi menjadi tidak ada di level 4. Kemudian level 3 dari 22 menjadi 16, dan di level 2 dari tiga menjadi 11 provinsi," kata Airlangga Senin (13/9/2021).

Airlangga mengatakan ada 23 daerah kabupaten/kota yang masih menerapkan PPKM level 4 sebagai persiapan penurunan level PPKM. Namun Airlangga menegaskan bahwa ada beberapa daerah yang masih belum bisa turun level seperti Banda Aceh, Kota Baru, Palangka Raya, Palu dan Medan yang masih berstatus PPKM Level 4.

Penyebab PPKM Medan Masih Level 4

Wali Kota Medan Bobby Nasution mengungkapkan bahwa adanya kesalahan data kasus aktif COVID-19 yang membuat PPKM Medan masih belum bisa turun dari level 4. Bobby mengatakan data yang sebelumnya berjumlah 7.077 kasus aktif COVID-19, kini sudah diubah menjadi 1.500 kasus aktif COVID-19.

"Jadi kasus aktif kita hari ini ada 1.500, dari yang sebelumnya itu 7.077. Hari ini sudah kita perbaiki, jadi 1.500-an yang terkonfirmasi aktif," ujar Bobby Nasution, Selasa (14/09/2021).

Ulasan selanjutnya soal PPKM Medan dan langkah Wali Kota Medan Bobby Nasution dapat disimak di halaman berikutnya.