Hari Ozon Internasional 2021: Tema dan Pesan Penting Tahun Ini

Salma Rafifa Aprillya - detikNews
Kamis, 16 Sep 2021 16:03 WIB
Hari Ozon Internasional 2021
Hari Ozon Internasional 2021 (Foto: Instagram Kementerian LHK)
Jakarta -

Hari Ozon Internasional 2021 diperingati pada 16 September 2021 hari ini. Ada pesan penting dari peringatan Hari Ozon Internasional yang ke-36 ini.

Hari Ozon Internasional 2021 diperingati sebagai suatu gerakan dan kesadaran masyarakat dunia untuk melindungi lapisan ozon. Lapisan ozon memang tak kasat mata tapi lapisan ozon selalu menjaga kita agar aman dari sinar matahari.

PBB telah memiliki Protokol Montreal, sebuah upaya global untuk menghapuskan zat perusak ozon. Lewat Protokol Montreal, PBB mengerjakan beberapa perubahan demi 'menyembuhkan' lapisan ozon dan membantu memperlambat perubahan iklim.

Berikut ulasan singkat tentang Hari Ozon Internasional 2021 yang diperingati tanggal 16 September:

Hari Ozon Internasional 2021, Ini Temanya

Dilansir dari Instagram resmi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Hari Ozon Internasional 2021 yang ke-36 tahun ini mengangkat tema 'Keeping Us, Our Food and Our Vaccine Cool'. Berkaitan dengan tema tersebut, Hari Ozon Internasional 2021 diharapkan bisa membuat masyarakat dunia bersama-sama menyelamatkan bumi dari kerusakan lapisan ozon.

Hari Ozon Internasional 2021: Pesan Sekjen PBB

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar, menyampaikan pernyataan dari António Guterres selaku Sekretaris Jenderal PBB dalam Hari Ozon Internasional 2021. Apa isinya?

"Implementasi Protokol Montreal telah berhasil dalam upaya pemulihan lapisan ozon melalui penghapusan konsumsi Bahan Perusak Ozon (BPO) dan komitmen untuk menghapuskan konsumsi hydrofluorocarbon (HFC) yang dapat mencegah kenaikan suhu global sebanyak 0,4 Celcius pada abad ini," ucap Siti Nurbaya, Kamis (16/9/2021)

Protokol Montreal dalam Hari Ozon Internasional 2021 ini berperan dalam mengatur bahan pendingin yang digunakan di sektor refrigerasi, baik di manufaktur maupun servicing. Maka dari itu, sektor refrigerasi merupakan faktor yang paling penting dalam penyediaan rantai pendingin atau cold chain untuk bagi ketersediaan pangan dan vaksin dalam situasi pandemi saat ini.

Berkaitan dengan ketersediaan pangan, rantai pendingin berperan penting dalam mengawetkan dan menjaga stok makanan beku, daging, sayur serta produk susu agar tetap segar dan aman dikonsumsi oleh masyarakat. Rantai pendingin saat ini juga dibutuhkan terkait vaksin.

"Sedangkan terkait dengan kebutuhan vaksin, rantai pendingin juga berperan penting dalam menjaga kondisi ideal vaksin sehingga kualitasnya tetap terjaga dari awal hingga pelaksanaan vaksinasi," kata Siti Nurbaya.

Hari Ozon Internasional 2021: Terkait Vaksin

Siti Nurbaya lalu mengutip dari data Gabungan Pengusaha Farmasi Indonesia pada tahun 2020. Kebutuhan rantai pendingin untuk mendukung vaksinasi COVID-19 yaitu:

1. Pallet sebanyak 1.923
2. Reefer Container sebanyak 48
3. Cold Rack sebanyak 360
4. Cold Box sejumlah 3.300
5. Cold Storage sebesar 4.375 m3

Ulasan selanjutnya tentang Hari Ozon Internasional 2021 dapat disimak di halaman berikutnya.