Belum Ada Arahan Jokowi, Kenapa JoMan Nekat Dukung Ganjar?

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 16 Sep 2021 09:33 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Banjarnegara, Senin (6/9/2021).
Ganjar Pranowo (Uje Hartono/detikcom)
Jakarta -

Relawan Jokowi Mania (JoMan) mendeklarasikan dukungan bagi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk maju di Pilpres 2024. JoMan mendukung Ganjar Pranowo karena sosok yang tepat menjaga legacy Jokowi.

"Alasan yang prinsipil dan substansial adalah kita butuh sosok yang bisa menjaga legacy Presiden Jokowi ke depan nanti 2024. Karena banyak program-program Jokowi yang menurut kita di periode kedua ini kurang maksimal dan yang kita khawatirkan nanti program program itu terkendala karena ada kepemimpinan baru yang tidak paham tentang nawacita itu sendiri," kata Ketua JoMan Immanuel Ebenezer alias Noel, saat dihubungi, Kamis (16/9/2021).

Selain itu, Noel menilai Ganjar sebagai sosok yang mampu menerjemahkan arahan Jokowi. Ganjar juga disebut sosok yang diterima publik dan memiliki elektoral tinggi.

"Jadi harapan kita kenapa kita memilih Mas Ganjar, karena kita lihat Mas Ganjar sosok yang kita lihat hari ini mampu menerjemahkan arahan Presiden seperti apa, beliau itu juga sosok yang diterima oleh publik, elektoral beliau sampai detik ini kan juga trennya juga naik," jelasnya.

Meski demikian, Noel membantah jika dikatakan JoMan melawan arahan Presiden Jokowi. Menurutnya, pilihan mendukung Ganjar berdasarkan hati nurani.

"Iya soal arahan presiden, presiden punya hak untuk mengarahkan tapi kan kita juga punya hak secara konstitusi memilih pemimpin kita, karena ini berkaitan dengan pilihan-pilihan masa depan bangsa ini, yang nggak mungkin bisa diintervensi. Karena harus dipahami juga ketika kita memilih Jokowi tanpa arahan kok, arahan kita ya nurani kita, pilihan nurani, apalagi relawan itu tidak partisan, kayak saya tidak berpartai," ujarnya.

"Jadi perintah saya hari ini perintahnya didasari oleh nurani saya, hati nurani saya memerintahkan saya untuk memilih Mas Ganjar untuk maju 2024 nanti. Jadi bukan melawan arahan presiden, tidak, bukan bertentangan dengan presiden, tapi ada nurani yang lebih tinggi yang harus kita hormati. Dan presiden menghormati itu," lanjutnya.

Noel juga mengaku optimistis atas pilihannya terhadap Ganjar di Pilpres 2024. Bahkan, menurutnya, Ganjar bisa disandingkan dengan Prabowo Subianto.

"Ya nggak apa, kalau seandainya misalnya Ganjar dengan Prabowo, atau Mas Ganjar dengan Erick Thohir, atau dengan dari TNI Mas Andhika. Semua anak bangsa di republik ini punya potensi memimpin bangsa ini. Karena untuk menuju 2024 nanti kita punya patriot bangsa yang luar biasa, ada Sandiaga Uno, ada Tuan Guru Bajang, ada Dedi Mulyadi, mereka punya potensi semua. Dan kita mau 2024 nanti yang bertarung adalah gagasan, gagasan, dan program," tuturnya.

Simak selengkapnya arahan Presiden Jokowi ke relawannya sambut Pilpres 2024.

Saksikan 'Membandingkan Elektabilitas Prabowo-Ganjar-Anies di 3 Rilis Survei Capres':

[Gambas:Video 20detik]