Di Balik Batalnya WN Portugal Korban Kebakaran LP Tangerang Dikremasi

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 16 Sep 2021 07:10 WIB

Kebakaran Lapas Tangerang

Kebakaran Lapas Tangerang terjadi pada Rabu (8/9) dan menyebabkan 48 orang narapidana tewas.

41 orang dinyatakan meninggal pada saat kebakaran terjadi. Sementara lainnya meninggal dalam perawatan di rumah sakit.

"Update terbaru, Tn M, dengan trauma Inhalasi, luka bakar 20% dan dengan penyakit penyerta meninggal jam 18.06. Tn I, trauma inhalasi dan luka bakar 98% meninggal jam 19.00," jelas Kepala Instalasi Hukum Publikasi dan Informasi RSUD Kabupaten Tangerang, Hilwani saat dihubungi detikcom, Senin, (13/9).

Polisi telah menggelar penyidikan kasus ini usai menemukan unsur dugaan tindak pidana terkait kebakaran Lapas. Terbaru, polisi menyebut ada potensi lebih dari satu orang tersangka dalam kasus kebakaran lapas.

"Penyidik menilai sudah ada potential suspect. Sekali lagi, untuk pasal 359 KUHP potential suspect sudah ada, sekarang penyidik masih bekerja untuk menuntaskan kasus ini," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Rusdi Hartono, dalam konferensi pers, Selasa (14/9/2021).

Menurutnya, potential suspect tersebut berjumlah lebih dari satu orang. Sejauh ini polisi masih mendalami kasus kebakaran lapas.

"Ada beberapa. Kemungkinan lebih dari satu. Kita tunggu saja dari penyidik, dalam beberapa hari ke depan pasti ada perkembangan," ujarnya.

Rusdi mengatakan pihak kepolisian menggunakan pasal penyangkaan 187 KUHP dan 188 KUHP juncto pasal 359 KUHP. Polisi menyebutkan adanya beberapa dugaan pidana dalam kasus kebakaran Lapas Tangerang, yakni dugaan kesengajaan dan kealpaan yang mengakibatkan hilangnya nyawa orang lain


(maa/haf)