Tips Polisi Cegah Skimming ATM, Sering-sering Ganti PIN

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 16 Sep 2021 03:09 WIB
Polda Metro Jaya menangkap 2 WNA dan 1 WNI terkait pembobolan ATM modus skimming
Foto: Polda Metro Jaya menangkap 2 WNA dan 1 WNI terkait pembobolan ATM modus skimming (Yogi Ernes/detikcom)

Atas dasar itu Auliansyah menilai masyarakat perlu melakukan tindakan preventif berupa penggantian pin ATM secara berkala.

"Mereka tidak bisa mengganti data-data tersebut karena kita sudah ganti pin ATM," ujar Auliansyah.

Polisi diketahui menangkap tiga pelaku inisial VK, NG, dan RW, sebagai sindikat pembobolan ATM dengan modus skimming. VK dan NG diketahui masing-masing warga negara Rusia dan Belanda.

Sindikat ini telah beraksi dalam satu tahun terakhir. Miliaran uang sejumlah nasabah dari salah satu bank BUMN berhasil digasak pelaku.

"Jadi total semua diambilkan dari ketiga ini sudah ada ke rekening penampung kami cek ada Rp1, 7 miliar. Ini dari akun rekening nasabah bank BUMN," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus Mapolda Metro Jaya, Rabu (15/9).

Atas perbuatannya, para tersangka dijerat dengan Pasal 30 Ayat 2, Pasal 6, Pasal 32 Juncto Pasal 48, Pasal 36 dan Pasal 38 Juncto Pasal 51 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 19 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik atau ITE. Ketiga tersangka tersebut juga dijerat dengan Pasal 363 dan 236 KUHP dengan ancaman pidana maksimal tujuh tahun penjara.


(ygs/mea)