CCTV Balai Kota Makassar Tak Berfungsi Saat Kamera-Laptop Dicuri

Reinhard Soplantila - detikNews
Rabu, 15 Sep 2021 17:49 WIB
Kantor Wali Kota Makassar Sulsel
Kantor Wali Kota Makassar Sulsel (Noval Dhwinuari Antony/detikcom)
Makassar -

Polretabes Makassar masih menyelidiki kasus pencurian di kantor Balai Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Polisi mengungkap beberapa CCTV di area Balai Kota Makassar tak berfungsi.

"Sementara didalami (kasus pembobolan di Balai Kota Makassar), anggota sudah ke TKP melakukan penyelidikan. (Ditemukan) Beberapa CCTV rusak, ada tidak berfungsi, ada yang merekam hanya satu Minggu," ujar Kasubnit 2 Jatanras Polrestabes Makassar, Ipda Nasrullah, Rabu (15/9/2021).

Sementara itu, peristiwa pembobolan dan pencurian tersebut diketahui terjadi sudah kurang-lebih hampir dua minggu yang lalu. Namun, peristiwa ini baru saja diketahui dan dilaporkan ke pihak kepolisian.

"Sedangkan kejadian terakhir satu minggu, antara 3, 4, atau 5 September," tutur Nasrullah.

Sebelumnya diberitakan, kantor Balai Kota Makassar kemalingan. Sejumlah barang milik Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di kantor tersebut raib digondol maling.

"Iya betul (ada pencurian), kalau total mungkin nilainya kurang lebih Rp 100 jutaan, itu di tempatku," kata Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Makassar, Ita Anwar, Selasa (14/9).

Ita menduga pelaku beraksi seorang diri. Pelaku menggasak sejumlah barang berharga di Kantor Balai Kota Makassar saat kantor dalam keadaan sepi.

"Ada kamera harganya itu Rp 30 jutaan diambil, kemudian laptop 2, wireless, kertas dan tinta 70 botol. Soal laporan polisi nanti saya coba tanya staf," ucapnya.

Selain itu, pelaku beraksi di Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga yang berada di lantai 4 Kantor Balai Kota Makassar. Pelaku juga diduga beraksi saat kantor dalam keadaan sepi.

(jbr/jbr)