Mendekati Reses, DPR Masih Belum Terima Surpres Calon Panglima TNI

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Rabu, 15 Sep 2021 16:18 WIB
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad.
Sufmi Dasco Ahmad (detikcom)
Jakarta -

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto segera memasuki masa pensiun. Presiden Joko Widodo (Jokowi) sampai saat ini belum mengirim surat presiden (surpres) terkait pengganti Marsekal Hadi. DPR masih menunggu surpres tersebut.

"Sampai saat ini surat yang ditunggu-tunggu oleh awak media terutama belum sampai ke DPR. Sampai hari ini belum ada," kata Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (15/9/2021).

Untuk diketahui, DPR segera memasuki masa reses pada awal Oktober nanti. Kurang dari sebulan DPR memasuki masa reses, sementara Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memasuki masa pensiun pada November 2021. Artinya, waktu untuk memproses pergantian Panglima TNI makin sempit.

Dasco menyebut Presiden Jokowi mungkin punya pertimbangan sendiri. Dia menyebut Jokowi memilih waktu yang tepat sebelum mengirim surpres ke DPR.

"Presiden mungkin mempunyai pertimbangan sendiri. Mungkin selain pertimbangan sendiri presiden menghitung waktunya. Kita tunggu saja," ujar Dasco.

Dasco mengaku tidak mendapat bocoran soal sosok Panglima TNI selanjutnya. Dia menyebut eksekutif sendiri menyatakan Jokowi masih mencari nama yang tepat.

"Kalau presiden masih mencari nama yang tepat ya berarti presiden masih cari, gimana bocor ke kita. Wong katanya mungkin belum dapat nama yang tepat, kita tidak dalam posisi mencampuri hak beliau," ujar Dasco.

(gbr/tor)