Selain Pensiun Seumur Hidup, Anggota DPR Juga Dapat Tabungan Hari Tua

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 15 Sep 2021 14:33 WIB
Anggota DPR Krisdayanti mengikuti rapat paripurna DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (31/5/2021). Rapat paripurna itu beragendakan pembacaan tanggapan pemerintah terhadap pandangan fraksi-fraksi DPR atas Kerangka Ekonomi Makro (KEM) dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (PPKF) RAPBN tahun anggaran 2022. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/rwa.
Gaji DPR (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta -

Anggota DPR RI Krisdayanti membuat heboh karena berani buka-bukaan perihal gaji, tunjangan, dan dana lainnya sebagai Anggota DPR. Anggota DPR juga mendapatkan pensiun seumur hidup. Selain itu, mereka mendapat tabungan hari tua.

Hak pensiun bagi pimpinan dan anggota DPR diatur dalam Bab IV mengenai pensiun. Hak pensiun bagi pimpinan dan anggota DPR diatur mulai pasal 12-21 UU Nomor 12 Tahun 1980.

Pasal 12 UU No 12 Tahun 1980 berbunyi 'Pimpinan dan Anggota Lembaga Tinggi Negara yang berhenti dengan hormat dari jabatannya berhak memperoleh pensiun'.

Pasal 13 ayat 3 mengatur 'Pimpinan Lembaga Tertinggi/Tinggi Negara dan Anggota Lembaga Tinggi Negara yang berhenti dengan hormat dari jabatannya karena oleh Tim Penguji Kesehatan dinyatakan tidak dapat bekerja lagi dalam semua jabatan Negara karena keadaan jasmani atau rohani yang disebabkan karena dinas berhak menerima pensiun tertinggi sebesar 75 persen dari dasar pensiun'.

Pasal 15 mengatur 'Uang pensiun dibayarkan terhitung mulai bulan berikutnya sejak yang bersangkutan berhenti dengan hormat'. Sementara Pasal 16 mengatur 'Pembayaran uang pensiun dihentikan apabila yang bersangkutan meninggal dunia atau diangkat kembali menjadi Pimpinan Lembaga Tertinggi/Tinggi Negara atau Anggota Lembaga Tinggi Negara'.