detikcom Do Your Magic

Before-After Pembersihan Sampah Kali Busa Bekasi, Ayo #CegahBanjir

Azhar Bagas Ramadhan, Faiz Iqbal Maulid - detikNews
Rabu, 15 Sep 2021 11:30 WIB
Masalah sampah tutupi badan sungai di Kali Busa sudah tuntas. (Repro Tim Infografis detikcom dari foto karya Fakhry Hermansyah-Antara Foto)
Masalah sampah tutupi badan sungai di Kali Busa sudah tuntas. (Repro Tim Infografis detikcom dari foto karya Fakhry Hermansyah-Antara Foto)
Bekasi -

Sampah yang menutupi badan sungai selama nyaris setengah tahun bisa hilang dalam tiga hari saja. Ini perbandingan kondisi sebelum dan sesudah pembersihan sampah di Kali Busa di Bekasi.

Aliran Kali Busa yang tertutup sampah sepanjang 200 meter ada di Desa Satriamekar, Tambun Utara, Kabupaten Bekasi. Aliran kali yang penuh sampah itu berada di tengah sawah yang tak terlalu jauh dari permukiman warga desa.

detikcom Do Your Magic mengangkat permasalahan sampah di Kali Busa ini sejak Kamis (2/9/2021). Demi #CegahBanjir dan kebersihan lingkungan, sampah-sampah ini tidak bisa dibiarkan tetap di sungai.

Foto udara aliran Kali Busa dipenuhi sampah plastik di Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (1/9/2021). Menurut warga tumpukan sampah sepanjang 200 meter yang berasal dari limbah rumah tangga sudah berada di aliran kali tersebut selama enam bulan. ANTARA FOTO/Fakhri Herrmansyah/rwa.Foto udara aliran Kali Busa dipenuhi sampah plastik di Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (1/9/2021). Menurut warga tumpukan sampah sepanjang 200 meter yang berasal dari limbah rumah tangga sudah berada di aliran kali tersebut selama enam bulan. ANTARA FOTO/Fakhri Herrmansyah/rwa. Foto: ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah

Melalui rangkaian pemberitaan, masalah ini akhirnya mendapat perhatian. Pemerintah Kabupaten Bekasi menginstruksikan Kecamatan Tambun Utara bergerak mengerahkan alat berat untuk mengangkut sampah.

Eskavator angkut sampah di Kali Busa, Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.Eskavator angkut sampah di Kali Busa, Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Foto: Azhar/detikcom

Jumat (10/9) pekan lalu, ekskavator mulai datang membawa kepastian akan beresnya masalah sampah ini. Berikut adalah perbandingan kondisi Kali Busa di Desa Satriamekar, before (sebelum) dan after (sesudah) pembersihan sampah:

Simak video 'Sampah di Kali Busa Bekasi Dibersihkan, Target Bersih 3 Hari':

[Gambas:Video 20detik]