Penampakan Pesawat Rimbun Air yang Hilang Kontak di Sugapa Papua

Wilpret Siagian - detikNews
Rabu, 15 Sep 2021 11:07 WIB
Intan Jaya -

Pesawat Rimbun Air hilang kontak dan diduga menabrak gunung saat terbang dari Kabupaten Nabire menuju Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua. Pesawat itu masih dalam pencarian hingga saat ini.

Dalam foto yang beredar, tampak pesawat dengan kode registrasi PK-OTW merupakan pesawat kargo jenis twin otter.

Pesawat Rimbun Air yang hilang kontak di Intan Jaya, Papua. (dok. Istimewa)Pesawat Rimbun Air yang hilang kontak di Intan Jaya, Papua. (dok. Istimewa)

Pesawat tersebut mempunyai warna dominan putih yang berpadu warna hijau pada tulisan 'Rimbun Air' di bodi pesawat.

Terlihat pula pesawat bernomor seri 300 itu memiliki ciri gambar burung pada bagian ekor pesawat. Selanjutnya memiliki sekitar lima jendela kecil pada masing-masing sisi pesawat.

Pesawat perintis milik Rimbun Air PK-OTW yang hilang kontak di kawasan Bandara Sugapa Papua. Ini identitas 3 kru yang ada di dalam pesawat. (dok Istimewa)Pesawat perintis milik Rimbun Air PK-OTW yang hilang kontak di kawasan Bandara Sugapa Papua. (dok Istimewa)

Peristiwa Pesawat Rimbun Air PK-OTW Hilang Kontak

Seperti diketahui, pesawat Rimbun Air, yang memiliki 3 kru, hilang kontak saat penerbangan dari Kabupaten Nabire menuju Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua.

Pesawat tersebut dilaporkan membawa kargo bahan bangunan saat mengudara.

"Pada hari Rabu tanggal 15 September 2021 Pukul 07.37 WIT telah terjadi insiden Hilang Kontak Pesawat Rimbun Air PK-OTW di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya dari Kabupaten Nabire," ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Mustofa Kamal dalam keterangannya, Rabu (15/9/2021).

Tiga kru dalam pesawat dilaporkan bernama Hj. Mirza selaku pilot, Fajar selaku kopilot, dan Iswahyudi selaku teknisi. Kini pesawat yang dilaporkan hilang kontak pada pukul 07.37 WIT itu kini terus ditelusuri oleh tim gabungan.

Berikut kronologi pesawat Rimbun Air hilang kontak saat penerbangan dari Nabire ke Intan Jaya;

Pukul 06.40 WIT
Pesawat Rimbun Air PK-OTW take off dari Kabupaten Nabire menuju Kabupaten Intan Jaya dengan membawa kargo bahan bangunan.

Pukul 07.22 WIT
Yonif Mekanis 521/DY dari Pos Intan Jaya Satgas Pamrahwan Yonif Mekanis 521/DY Mayor Inf Edi Dipramono mengungkapkan, pada pukul 07.22 WIT, terlihat pesawat Cargo Rimbun Air Seri 300 PK OTW akan mendarat. Namun karena cuaca berkabut, pesawat batal landing.

Pesawat kemudian berusaha naik mengambil arah kiri bandara. Setelah itu, terdengar suara keras oleh pihak bandara yang berada di landasan. Diduga pesawat jatuh usai menabrak gunung.

"Kemudian terdengar suara seperti pohon jatuh yang sangat keras oleh pihak bandara yang berada di landasan. Diindikasi pesawat tersebut menabrak gunung," ujar Edi.

Pukul 07.37 WIT
Airnav Sugapa melakukan komunikasi terakhir dengan pilot sebelum Hilang Kontak. Hingga saat ini tidak adanya kontak dari pesawat Rimbun Air PK OTW.

(hmw/nvl)