Kemnaker Perkuat 9 Program dari BLK hingga Perluasan Kesempatan Kerja

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Selasa, 14 Sep 2021 22:40 WIB
Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi
Foto: Kemnaker
Jakarta -

Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi menyatakan bahwa Kemnaker telah melakukan penguatan terhadap program Sembilan Lompatan Besar. Menurutnya, hal itu dikuatkan dalam dokumen Renstra (Rencana Strategis).

Selain Renstra, kata Anwar, Kemnaker juga akan mengeluarkan Keputusan Menteri terkait Sembilan Lompatan Besar dan unit-unit yang bertanggungjawab terhadap program tersebut.

"Keputusan Menteri ini untuk mengawal Sembilan Lompatan Besar Kemnaker. Yang pasti kita terus melakukan penguatan sebagaimana arahan dari Bu Menaker Ida Fauziyah," ucapnya dalam keterangan tertulis, Selasa (14/9/2021). Hal ini dia ungkapkan saat memimpin Focus Group Discussion (FGD) Sembilan Lompatan Kementerian Ketenagakerjaan secara virtual.

Menurut Anwar, dalam mendukung terlaksananya agenda Sembilan Lompatan Besar, potensi dan sumber daya yang ada di Kemnaker, seperti SDM dan kelembagaan harus dikelola dengan baik.

"Sumber daya ini misalnya bagaimana kita menata kelembagaan yang ada di Kementerian Ketenagakerjaan. Artinya kita sudah melakukan pembenahan dari sisi kelembagaannya," ucapnya.

Sebagaimana diketahui, program sembilan lompatan besar tersebut, yaitu transformasi BLK, link and match ketenagakerjaan, transformasi program perluasan kesempatan kerja, pengembangan talenta muda, perluasan pasar kerja luar negeri, visi baru hubungan industrial, reformasi pengawasan; ekosistem digital SIAPKerja, dan reformasi birokrasi.

Sembilan Lompatan Besar ini guna merespons berbagai perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam sistem digitalisasi, termasuk perkembangan dan kemajuan yang berimplikasi atau mempunyai keterkaitan terhadap dunia ketenagakerjaan.

(akd/ega)